Senin 15 Jun 2015 08:05 WIB

Meracik Kue Keju, Japanese Chiffon Cake

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Japanese Chiffon Cake buatan Chef Ayu Anjani.
Foto: Republika/Desy Susilawati
Japanese Chiffon Cake buatan Chef Ayu Anjani.

REPUBLIKA.CO.ID, Akhir pekan memang masih jauh. Bahkan akhir pekan ini Anda dan keluarga akan bertemu Ramadhan. Untuk menu berbuka puasa atau untuk kudapan sebelum puasa, resep kue yang satu ini bisa dicoba. Japanese Chiffon Cake ala Chef Ayu Anjani.

Ayu adalah seorang koki muda yang pernah menjadi konsultan pastry di restoran Gourmet World, Kemang. Anjani merupakan pemilik Ann’s Bakehouse & Creamery. Tapi sekarang menjadi Anjani Patisseries, bisnis kue yang merupakan usaha rintisannya sendiri.

Mau tahu apa saja bahan yang digunakan dan bagaimana cara membuatnya? Ikuti yuk resep dan tips dari Chef Anjani berikut ini.

Bahan-bahan :

 

Keju Kraft Filling 250 gram

Susu cair 100 ml

Butter 50 gram

Telur 6 buah

Lemon setengah buah

Gula 100 gram

Garam secukupnya

Tepung terigu 140 gram

Maizena 20 gram

Cara membuat :

Lelehkan keju, susu dan butter. Lakukan dengan teknik water bathing. Gunanya agar keju tidak mudah gosong saat dilelehkan. Teknik ini adalah memanaskan air dalam panci di atas kompor. Setelah mendidih, taruhlah keju, susu dan butter di atas panci ini namun jangan langsung di dalam panci yang berisi air panas, tapi di atasnya dengan menggunakan wadah lain. Aduk terus keju dan bahan lainnya itu sampai meleleh.

Jika tidak memiliki waktu banyak. Blender keju yang sudah dilelehkan dan masih ada yang bentuknya kasar. Tapi jika memiliki banyak waktu, cukup lakukan water bath sampai keju benar-benar meleleh. Setelah itu sisihkan.

Pisahkan putih telur dan kuningnya. Jangan sampai putih telur tercampur dengan kuningnya atau air sedikitpun. Ini gunanya agar nanti ketika menggunakan putih telur, hasilnya bisa mengembang sempurna.

Campurkan adonan keju dengan kuning telur. Kemudian tambahkan terigu sedikit demi sedikit dengan menggunakan saringan. Tujuannya agar tepung tidak menggumpal saat dicampur adonan. Tambahkan maizena dan perasan jeruk lemon ke dalamnya untuk menambah cita rasa. Bisa pula diganti dengan pandan, kopi, greentea atau rasa lainnya sesuai selera. Aduk semuanya hingga rata dengan menggunakan spatula.

Kemudian, buat whipped cream dengan cara meringue. Campurkan putih telur, gula dan sedikit garam. Kocok dengan mixer hingga mengembang, sampai bentuknya mengembang sempurna. Ciri adonan mengembang ketika wadah mixer yang berisi adonan putih telur dan gula ini dibalikkan, adonan tidak tumpah. Tapi melekat di wadah.

Setelah itu, campur adonan keju dan terigu tadi dengan adonan putih telur dan gula ini. Masukkan sedikit demi sedikit. Bisa sepertiganya terlebih dahulu. Ini agar bercampur dengan sempurna. Aduk semuanya hingga rata dengan menggunakan spatula.

Setelah itu, masukkan ke dalam wadah untuk panggang. Bisa ke dalam loyang besar atau loyang untuk ukuran muffin. Masukkan jangan sampai terlalu penuh. Karena adonan akan mengembang. Sebelum adonan dimasukkan ke dalam wadah, oleskan dengan butter atau bisa dengan cooking spray.

Panggang dengan suhu 160 sampai 170 derajat celcius. Jangan panggang loyang berisi adonan. Tapi lapisi loyang kue dengan nampan yang tahan panas, tambahkan sedikit air panas di atas nampan tersebut. Jika dipanggang dalam loyang besar maka bisa memakan waktu satu jam. Satu resep ini bisa dua loyang. Namun, jika hanya dipanggang dalam loyang muffin ukuran 12 buah, maka cukup membutuhkan waktu 15 sampai 20 menit.

Setelah itu, beri hiasan dengan icing sugar. Japanese Chiffon Cake siap disajikan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement