Senin 15 Jun 2015 07:40 WIB

Berbisnis Kuliner dengan Keju? Ini Cara Memilih Kejunya

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Kraft menyediakan beragam keju untuk kebutuhan masak yang berbeda-beda.
Foto: Republika/Desy Susilawati
Kraft menyediakan beragam keju untuk kebutuhan masak yang berbeda-beda.

REPUBLIKA.CO.ID, Keju, makanan olahan dari susu sapi. Rasanya enak dan gurih. Bisa digunakan untuk berbagai makanan bahkan minuman. Mulai dari isian roti, topping pizza sampai campuran adonan. Untuk semua manfaat itu, ada beberapa keju yang berbeda.

Perwakilan Tim Kraft, Mondelez Indonesia, Pingkan Fabryce mengatakan Kraft merupakan keju yang banyak disukai oleh masyarakat. Keju Kraft cheddar memiliki rasa dan aroma yang kuat, terasa lembut di mulut. Keju juga kaya akan nutrisi. Dimana keju sebagai sumber kalsium, protein dan vitamin. “Makan keju itu harus meleleh di mulut,” ujarnya kepada wartawan dalam acara Press Conference Mondelez Indonesia Food Service (Kraft) di Jakarta.

Aplikasi keju dalam makanan bisa beberapa cara. Pertama, bisa dijadikan topping. Keju diaplikasikan di atasnya. Biasanya ini digunakan untuk makanan panggang seperti makaroni panggang dan kue kering. Selain itu, bisa digunakan untuk isian atau filling. Dan terakhir bisa dicampur dalam adonan, biasanya untuk cake. “Apapun makanan dikasih keju rasanya enak,” ujarnya.

Melihat keju bisa diaplikasikan dalam berbagai proses masak, Kraft menghadirkan tiga jenis keju berbeda. Masing-masing keju memiliki kemampuan sendiri. “Keju itu meningkatkan rasa, juga meningkatkan nilai makanan. Dengan tambahkan sedikit keju, nilai makanan berubah,” ungkapnya.

 

Pertama, ada keju Kraft Cheddar ukuran dua kilogram. Keju ini warnanya kuning dengan tekstur padat dan keras bisa menghasilkan parutan yang baik. Keju cheddar lebih terasa kejunya. Keju ini dapat diiris, diparut maupun dipotong kecil. Keju tidak bisa meleleh dengan maksimal jika dibandingkan dengan keju quick melt. Aplikasi yang cocok adalah untuk panggangan. Karena warnanya kuning, maka hasil panggangan akan terkesan golden brown.

Kedua, ada keju Kraft Bakery dua kilogram. Rasa yang dihasilkan keju ini lebih gurih. Paduan rasa keju lebih milky. Teksturnya padat, namun lebih lembut dibanding keju cheddar. Tak hanya itu teksturnya lembut dan tidak mudah mengering. Produk ini dapat diparut dan diiris. Cocok untuk digunakan sebagai aplikasi topping yang tidak dipanggang. Misalnya untuk donut atau brownies.

Ketiga, ada keju Kraft Filling Cheese dua kilogram. Memiliki tekstur sangat lembut, sehingga mudah untuk menggunakannya dan mudah dicampur. Aplikasi cepat cukup disendok atau dipotong dan tidak mudah diparut. Keju ini ideal untuk isian, buttery cream atau dicampurkan langsung ke dalam adonan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement