Kamis 04 Jun 2015 08:18 WIB

Demi Kesehatan Hindari Produk Bayi Ini

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Bedak bayi
Foto: littleseedfarm
Bedak bayi

REPUBLIKA.CO.ID, Selain tisu dan lotion bayi, produk bayi apa lagi yang mengandung zat berbahaya? Memilih produk perawatan atau pakaian bagi bayi memerlukan kehati-hatian. Tanpa pertimbangan cermat, orang tua justru bisa membahayakan kesehatan anak.

Setelah mengetahui bahan-bahan berbahaya yang terkandung dalam beberapa produk bayi yang sering digunakan. Coba hindarilah zat-zat berbahaya tersebut demi kesehatan anak. Biasakan membaca label zat-zat apa saja yang terkandung di dalam produk bayi Anda.

Minyak bayi

Minyak bayi adalah produk utama minyak mineral dengan bahan pengawet dan parfum. Minyak mineral menjadi penghalang kulit Anda seperti plastik pembungkus. Minyak ini mencegah kelembaban masuk atau keluar. Kulit bayi Anda yang halus tidak membutuhkan hambatan. Hal itu justru akan membuat kulit bayi sulit bernapas.

Bedak bayi

Dikutip dari Allwomenstalk, Kamis (4/6), bedak bayi adalah sebuah produk lama yang digunakan untuk menyerap kelembaban dan mencegah ruam. Akan tetapi bedak bayi terutama talc  cukup berbahaya jika dihirup, baik bagi ibu dan bayi. Dapat menyebabkan masalah saluran pernapasan atas seperti asma. Jika Anda harus menggunakan bedak tabur gunakan yang bukan talc. Pilih juga yang aromanya ringan dan ramah.

Baju baru bayi

Ibu pasti selalu gemas jika melihat baju bayi di toko perlengkapan bayi atau pusat perbelanjaan. Rasanya ingin selalu membelinya. Tak masalah, jika Anda membeli baru untuk bayi Anda, sebaiknya dicuci terlebih dahulu sebelum dipakaikan pada bayi.

Jika tidak, bayi bisa terkena ruam dari bahan kimia yang digunakan untuk menyimpan pakaian bayi yang baru itu. Cucilah pakaian bayi dengan sedikit deterjen yang lembut untuk pertama kalinya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement