Kamis 04 Jun 2015 08:00 WIB

Produk Bayi Ini Bisa Membahayakan Bayi Anda

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Beberapa produk bayi yang dianggap biasa digunakan bayi justru bisa menimbulkan masalah kesehatan pada buah hati.
Foto: wikipedia
Beberapa produk bayi yang dianggap biasa digunakan bayi justru bisa menimbulkan masalah kesehatan pada buah hati.

REPUBLIKA.CO.ID, Tahukah Anda sebagian besar produk bayi mengandung bahan-bahan berbahaya? Bayi membutuhkan banyak produk untuk tetap terlihat segar dan sehat. Dan tentu saja ibu ingin memberikan yang terbaik untuk anandanya.

Produk-produk bayi pun sering dijadikan sebagai sebuah hadiah dan digunakan oleh sebagian besar orang tua tanpa mengetahui kandungannya. Karena itu, bacalah secara detail informasi mengenai zat-zat yang terkandung didalam produk bayi yang akan Anda gunakan, karena beberapa diantaranya justru bisa membahayakan bayi.

Tisu bayi

Kulit bayi lembut dan peka, terutama di bagian bawah. Tisu bayi umunya mengandung alkohol, parfum, pengawet dan bahan kimia lain.

Dikutip dari Allwomenstalk, Kamis (4/6), alkohol bisa menyebabkan kulit kering dan menimbulkan rasa terbakar ketika sedang terjadi ruam. Sementara parfum sintetik dapat menyebabkan dermatitis. Sedangkan pengawet dan bahan kimia lain merupakan karsinogenik. Jadi pilihlah tisu yang tidak mengandung parfum, alkohol dan bahan kimia keras.

Lotion

Beberapa merek lotion bayi mungkin memiliki wangi yang sedap. Tapi zat-zat tersebut justru tidak melindungi kulit bayi yang sensitif. Sebagian besar lotion justru mengandung zat berbahaya bagi kulit bayi bahkan ada yang sedikit mengandung racun.

Sama seperti sampo dan sabun bayi, bacalah label dan pastikan produk yang Anda pilih untuk bayi Anda tidak mengandung bahan berbahaya karsinogenik termasuk minyak mineral. Walaupun paparan racunnya sedikit, lama-lama bisa menjadi bukit kalau digunakan setiap hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement