Senin 25 May 2015 08:21 WIB

Tiga Hal yang Perlu Dibahas Sebelum Menikah

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Masalah keluarga dan keuangan perlu dibahas tuntas sebelum memutuskan untuk menikah.
Foto: briderose
Masalah keluarga dan keuangan perlu dibahas tuntas sebelum memutuskan untuk menikah.

REPUBLIKA.CO.ID, Tidak ada alasan untuk tidak menanyakan pertanyaan ini sebelum bertunangan. Setelah bertunangan tujuan Anda adalah menikah. Kemudian membina rumah tangga dan mendapatkan keturunan. Sehingga Anda bisa bahagia selamanya bersama keluarga Anda.

Anda harus menanyakan beberapa pertanyaan sebelum memutuskan hubungan ke jenjang yang lebih serius. Memang butuh waktu lama untuk benar-benar memantapkan hati pada seseorang. Ketika sudah mantab, Anda membutuhkan komitmen yang lebih besar, bukan hanya sekedar cincin tunangan belaka. “Cinta, sayangnya, tidak selalu menang,” ujar terapis perkawinan dan keluarga, Allen Wagner, seperti dilansir dari laman Sheknows, Senin (25/5).

Bagaimana Anda dan pasangan di usia 40 dan 50

Pertanyaan gila bukan? Saat ini Anda masih sangat muda. Tapi Wagner memperingatkan Anda dan pasangan harus jelas pada ambisi masing-masing. Jika pasanganmu benar-benar puas dengan apa yang Anda miliki sekarang, tapi Anda justru berjuang untuk masa depan yang lebih baik, Anda juga menginginkan rumah, liburan kedua dan banyak waktu dihabiskan di luar negeri. Inilah yang harus dibicarakan. Bahaslah mengenai visi masa depan untuk memastikan Anda bisa menjadi lebih bahagia dibanding sekarang

Seberapa sering berkunjung ke keluarga

Sebelum menikah, Anda mungkin makan malam dengan orang tua satu sama lain orang tua sebulan sekali. Kedua orang tua menjadi sangat gembira dengan hasil pengaturan ini. Tapi pada akhirnya mempunyai cara khusus untuk mengubah kebiasan itu setelah mengikat dalam ikatan tunangan atau pernikahan. Mungkin keluarga Anda berharap Anda akan datang seminggu sekali. Sementara suami Anda lebih senang untuk menghabiskan waktu sendirian di rumah demi ketenangan. Karena itu, tanyakan hal ini sebelum menikah, beberapa sering Anda ingin menghibur keluarga. Dan seberapa dekat dan intim Anda dengan saudara satu sama lain setelah menikah.

Bagaimana situasi keuangan Anda

Executive Editor CupidsPulse.com, Lori Bizzoco, tidak peduli dengan seberapa tidak nyaman pertanyaan ini. Ini harus menjadi pertanyaan utama dalam daftar pertanyaan Anda. Anda harus mengetahui semua hal tentang pasangan satu sama lain, misalnya mengenai kebiasaan belanja, utang, rekening bank dan batas kredit. Diskusi ini akan mempengaruhi di mana Anda tinggal, bagaimana hidup Anda dan bagaimana meningkatkan anak-anakmu. Tidak ada pengecualian yang harus ditakuti ketika berbicara keuangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement