Ahad 19 Apr 2015 13:41 WIB

Kehamilan Kedua, Benarkah Lebih Nikmat?

Hamil anak kedua
Foto: Republika/Prayogi
Hamil anak kedua

REPUBLIKA.CO.ID, Kabar baik di kehamilan kedua: Fase persalinan dan persalinan berjalan lebih cepat dibandingkan saat Anda melahirkan anak pertama. “Tubuh Anda sudah pernah melewati proses ini sebelumnya dan leher rahim sudah terbuka karena sudah pernah dilalui janin sehingga pembukaan lebih cepat terjadi,” kata Dr. Bonti, dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Masih ada kabar baik untuk Anda: Pada kehamilan kedua, leher rahim dan jaringan vagina sudah lebih siap mendorong kepala bayi keluar sehingga Anda tidak perlu mengejan terlalu banyak untuk mendorong bayi. “Jika proses persalinan hingga bayi pertama lahir memerlukan waktu sekitar 14 jam, persalinan kedua biasanya hanya butuh sekitar 7 jam,” kata Dr. Sarsanto.

Namun, lanjut dia, biasanya penurunan durasi persalinan tidak berlaku pada anak ketiga dan seterusnya. “Proses persalinan anak ketiga umumnya sama seperti anak pertama. Tidak ada yang tahu mengapa bisa demikian.”

Proses persalinan bayi kedua juga bisa dikatakan unik. Pada kehamilan pertama, kepala janin sudah masuk ke rongga panggul pada minggu ke-34. “Namun pada kehamilan kedua, kepala janin baru masuk ke rongga panggul saat fase persalinan dimulai, yaitu saat terjadi kontraksi,” kata Dr. Sarsanto. Hal itu tidak memberikan dampak apapun, hanya sebagai bekal pengetahuan Anda.

Mual muntah juga sudah dapat Anda atasi, demikian juga dengan nyeri punggung, sulit tidur, dan keluhan kehamilan lain. Anda juga tidak lagi panik ketika dokter kandungan meminta Anda menghitung frekuensi gerakan janin sebagai tindakan pencegahan. Intinya, kemungkinan besar Anda jauh lebih rileks menjalani kehamilan kedua, bahkan tidak sedikit wanita yang mengaku baru merasakan nikmat kehamilan setelah mengandung si nomor 2.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement