Jumat 30 Jan 2015 14:38 WIB

Benarkah Kehamilan Kedua Lebih Mudah?

Hamil anak kedua
Foto: Republika/Prayogi
Hamil anak kedua

REPUBLIKA.CO.ID, Saat hamil anak kedua, biasa persiapan akan lebih matang. Perbedaan pasti ada antara kehamilan pertama dan kedua. Tapi kebanyakan perempuan mengaku hamil untuk kedua kalinya lebih mudah. Apa benar hamil kedua lebih mudah? Mari lihat beberapa analisis di bawah ini. seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Tahu gejalanya

Saat sedang hamil anak kedua, Anda sudah tahu apa saja gejala-gejala kehamilan yang akan dialami. Anda tidak perlu sering pergi ke dokter karena sudah bisa mengatasinya sendiri.

Tahu semua trik

Anda sudah tahu trik makan yang benar dan cara mencegah sakit punggung. Anda tidak perlu lagi melakukan “penelitian” dengan membaca buku atau berselancar di internet.

Morning sickness

Sebagian besar perempuan mengatakan bahwa morning sickness kehamilan kedua tidak terlalu menguras energi dibandingkan dengan kehamilan pertama.

Persalinan lebih mudah

Kebanyakan perempuan mengaku mereka bisa mengatasi rasa sakit saat persalinan lebih mudah saat melahirkan anak kedua. Itu disebabkan keadaan rahim yang sudah mulai melonggar. Kemungkinan Anda juga akan mengalami proses persalinan yang lebih pendek.

Sakit punggung

Biasanya sakit punggung akan terasa lebih sakit saat kehamilan kedua karena usia Anda mulai menua dan tulang mulai kehilangan kadar kalsium.

Merawat perilaku anak pertama

Saat kehamilan kedua Anda mungkin harus mengurus anak pertama, itulah mengapa kehamilan kedua akan terasa sedikit lebih sulit. Jika Anda hamil saat anak pertama baru berusia 2 tahun, Anda mungkin harus sering menggendong Anak pertama dengan kondisi perut yang membesar.

Komplikasi

Beberapa komplikasi kehamilan seperti tekanan darah tinggi dan diabetes mungkin akan muncul seiring dengan bertambahnya usia. Fisik Anda juga mungkin tidak sebugar saat kehamilan pertama. Jika Anda kelebihan berat badan, kenaikan berat badan kehamilan dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement