Jumat 20 Mar 2015 16:51 WIB

Persiapan Jelang Dua Minggu Melahirkan

Ibu hamil
Foto: zeenews
Ibu hamil

REPUBLIKA.CO.ID, Waktu-waktu ini adalah masa paling mendebarkan dalam hidup ibu hamil. Yakni ketika sang jabang bayi sudah bisa dilahirkan kapan saja.

Sembari menanti kelahiran sang buah hati, ada berbagai hal yang harus disiapkan calon orang tua. Dikutip dari www.parentsindonesia.com, ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh calon orang tua dua minggu hingga sepekan sebelum kelahiran.

Dua Minggu Sebelumnya

Mencukupi kebutuhan nutrisi

Tetap mencukupi nutrisi dan menjaga energi  yang penting bagi si bayi (dan Anda), tapi Anda tidak punya banyak waktu untuk mencurahkan diri untuk memasak pada hari-hari dan minggu pertama. Siapkan rebusan favorit Anda, kaserol, dan lasagna sekarang, dan masukkan ke dalam freezer.

Jadi Anda akan memiliki makanan sehat yang siap dimakan nantinya, tanpa harus repot mengiris atau membumbui. Kendati demikian, jangan terlalu memenuhi kulkas dan freezer Anda, keluarga dan teman-teman mungkin menawarkan untuk memberikan makanan lezat juga. Tentunya, jika setiap orang membawa makanan di waktu yang sama, banyak makanan yang akan terbuang sia-sia.

Farber menyarankan untuk mengatur jadwal pengantaran makanan (jika Anda merasa lancang melakukan ini sendiri, buat daftar nama teman dekat untuk menghubungi mereka yang menawarkan membawa makanan).

Teknik relaksasi

Selama enam minggu pertama setelah melahirkan, hormon Anda masih akan tidak teratur, jadi Anda lebih moody daripada biasanya. Dan yang paling jelas, Anda mungkin akan merasa kewalahan. Mencari tahu beberapa teknik untuk membantu meredakan stres adalah hal penting–sebelum Anda membutuhkan mereka, ujar Learner.

Ini bisa termasuk melakukan pelatihan pernapasan mendalam, memutar CD meditasi, menyemprot bantal Anda dengan lavender (yang telah terbukti memiliki efek menenangkan), atau dipijat oleh terapis  yang familiar dengan perawatan setelah melahirkan.

Satu Minggu Sebelumnya

Menyimpan persediaan di dapur

Saat ini, sebagian besar persiapan makanan setelah melahirkan seharusnya sudah selesai; tapi tetap saja, pergi ke supermarket untuk terakhir kalinya adalah hal bagus. Pilihlah barang-barang tidak awet, tapi penting, seperti susu, roti, telur, sayuran, dan buah-buahan. Saat Anda akhirnya bisa membuat si bayi tidur siang dan merasa lapar, Anda akan senang mendapati peach atau keju cheddar yang Anda idamkan berada di tempatnya.

Me time

Tidak banyak persiapan tersisa untuk dilakukan. Di bulan-bulan mendatang Anda akan memiliki waktu terbatas untuk fokus pada diri sendiri, jadi ambillah kesempatan ini untuk duduk dalam kursi nyaman dan bersantailah. Tontonlah film yang Anda suka, bacalah lagi buku yang digemari, atau letakkan saja tangan di atas perut dan melamunlah tentang seperti apa nantinya si bayi di dalam sana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement