Jumat 20 Mar 2015 16:13 WIB

Tips Cerdas Sambut Kedatangan Bayi

Bayi/ilustrasi
Foto: Wikimedia
Bayi/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Hari-hari pertama menjadi seorang ibu adalah momen yang tidak akan Anda lupakan. Anda bisa mengalami dorongan cinta tidak seperti yang pernah Anda rasakan sebelumnya. Seiring Anda dan pasangan menyesuaikan diri dengan kehidupan baru dan si bayi, Anda tidak harus mengawatirkan hal-hal seperti menyimpan persediaan makanan kecil atau kehabisan popok.

Untungnya, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan sebelumnya untuk membuat masa transisi menjadi tidak terlalu terasa. Ini beberapa saran dari para pakar hebat tentang apa yang harus Anda lakukan (dan kapan) dalam bulan-bulan terakhir dan minggu-minggu menjelang persalinan, agar Anda lebih santai dan menikmati momen awal tersebut dengan kebahagiaan.

Dua Bulan Sebelumnya

Belanja persiapan

Dikutip dari www.parentsindonesia.com, mungkin terlihat terlalu dini untuk menyimpan benda-benda seperti popok, tisu basah, dan baju dalam. Tapi lakukan hal itu sekarang, karena kemungkinan persalinan dini atau komplikasi meningkat di sekitar bulan ketujuh kehamilan, tegas Elain Farber, perawat bayi dan penulis Baby Lists: What to Do and What to Get to Prepare for Baby.

“Pulang dari rumah sakit tanpa memersiapkannya bisa membuat transisi menjadi sangat tidak teratur,” dia berujar dan Anda tidak akan mau pergi ke toko untuk berbelanja segalanya di waktu sibuk ini. Buat daftar penting apa yang kira-kira harus dibeli atau disiapkan.

Memilih dokter anak

Selama minggu pertama, Anda akan harus membawa bayi kontrol pertama ke dokter. Jadi sudah memiliki dokter anak adalah hal penting. Cari tahu dokter anak di daerah Anda atau mintalah teman-teman atau dokter kandungan memberikan Anda referensi.

Begitu Anda memiliki daftar pendek nama-nama, tuliskan daftar pertanyaan dan aturlah jadwal kunjungan ke dokter untuk bertemu langsung dengan kandidat calon dokter Anda, saran Joan Nosakhere, perawat neonatal di Fort Lauderdale, Florida. Memiliki dokter anak yang Anda sukai dan mau meluangkan waktu untuk memerhatikan kekhawatiran adalah hal penting.

Jika praktik dokternya gabungan, Anda juga akan akan ingin bertanya tentang kemungkinan dokter cadangan akan menjadi orang yang menemui Anda saat perjanjian kontrol mendadak. “Carilah juga tempat praktik yang bisa didatangi sewaktu-waktu, bagaimana dokter bisa ditemui dalam keadaan darurat, dan seberapa cepat tempat praktiknya akan menelepon balik jika Anda memiliki pertanyaan,” saran Nosakhere.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement