Kamis 19 Mar 2015 04:33 WIB

Cara Mudah Membantu Bayi Beradaptasi di Day Care

Anak di day care (Ilustrasi)
Foto: Telegraph
Anak di day care (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pindah rumah membuat anak harus menyesuaikan diri dengant tempat baru. Bantu anak menyesuaikan diri di tempat penitipan anak dengan cara ini seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Q: Kami akan segera pindah ke suatu kota baru. Bagaimana caraku membantu si kecil yang berusia 20 bulan untuk menyesuaikan diri dengan tempat penitipan anak yang baru?

A: Bantulah batita Anda membayangkan rutinitas barunya dalam cara yang menyenangkan, saran penasihat Parents Jenn Berman, PsyD, penulis Superbaby: 12 Ways to Give Your Child a Head Start in the First 3 Years. Ambilah beberapa fotonya di tempat penitipan anak yang sekarang, dan mintalah direktur tempat penitipan anak yang baru untuk mengirim email beberapa foto aktivitas, mainan, dan para pengasuh, dengan deskripsi apa yang akan dilakukan batita Anda di sana.

Lalu kumpulkan foto-foto itu di dalam album, dan catat perbedaan antara tempat penitipan yang sekarang dengan yang baru. Pastikan Anda membicarakan hal-hal yang akan tetap berlangsung sama: “Setelah Mama jemput, kita akan makan malam bersama-sama Papa, bermain, mandi, dan bercerita, dan Mama Papa tetap akan menidurkanmu seperti yang biasa dilakukan.” Setelah itu, kunjungi tempat tersebut bersama-sama beberapa kali sebelum dia benar-benar dititipkan di sana. Saat itu, tempat tersebut akan sudah terasa rumah bagi si kecil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement