Kamis 14 Jan 2016 10:18 WIB

Day Care di Bintaro Ini Miliki Program Penitipan Lansia

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Lansia yang datang ke Day Care Graha Ichsan awalnya akan diajak berkumpul dengan sesama lansia yang ada di sana.
Foto: Republika/Desy Susilawati
Lansia yang datang ke Day Care Graha Ichsan awalnya akan diajak berkumpul dengan sesama lansia yang ada di sana.

REPUBLIKA.CO.ID, Selain bisa menitipkan anak, Day Care Graha Ichsan juga memiliki program yang bisa menjaga lansia selama beberapa jam.

Pada umumnya orang tua yang sudah lanjut usia kebanyakan di rumah saja. Tidak pergi kemana-mana dan pada akhirnya akan membut mereka stres.

Atau ada juga lansia yang tugasnya menjaga cucunya. Bahkan ada yang berakhir di panti jompo. Mengapa tidak mencoba day care?

Budaya timur memang masih belum terbiasa dengan menitipkan orang tua di day care. Tapi tidak ada salahnya jika mencoba menitipkan orang tua di day care.

Hal tersebut diungkapkan oleh Komisaris PT Global Ichsan Mandiri, Mart Peters Simanjuntak. Menurutnya orang tua perlu berkumpul bersama dengan sesama lansia. Karena mereka sering kali merasa kesepian di rumah jika tidak ada anak cucunya. Daripada stres lebih baik ajak mereka berkumpul dalam komunitas lansia dengan teman seusianya.

Direktur PT Global Ichsan Mandiri, Yanti Muliawati, menjelaskan di tempat penitipan orang tua, lansia bisa menjadi lebih sehat. Mereka juga bisa melatih konsentrasi.

"Pada penitipan lansia kami membuat bagaimana lansia merasa makin sehat, makin rileks," ujarnya pada wartawan di Jakarta, Rabu (13/1).

(baca: Awas, 3 Bagian Tubuh Ini Rawan Timbulkan Bau Badan)

Lansia yang datang ke Day Care Graha Ichsan awalnya akan diajak berkumpul dengan sesama lansia yang ada di sana. Mereka akan berkumpul di meja bundar dan melakukan ice breaking. "Dilakukan perkenalan. Tadinya yang tidak kenal, jadi kenal. Tadinya sendiri, jadi ada teman," jelasnya.

Setelah itu akan diadakan pendidikan lansia. Akan ada talkshow kesehatan misalnya mengenaj penyakit stroke. Isi talkshow sesuai permintaan.

Di day care untuk lansia juga akan diadakan rekreasi, di dalam maupun di luar. Rekreasi di dalam misalnya untuk mengolah intelektual. Contoh membuat gambar lalu mereka mewarnai, merajut, membuat kerajinan simpel dan lainnya.

Mereka juga akan diajak rekreasi keluar gedung. Misalnya ke festival atau pameran.

Kegiatan lainnya ada assesment fisik yang dilakukan oleh fisioterapis. Karena menurutnya mulai usia tua fisik terutama kaki terganggu untuk menopang tubuh. Di sini para lansia diajak berolahraga. Selain itu juga ada relaksasi pijat kaki dan lainnya.

"Lansia itu harus bisa berjalan dan berpikir seimbang. Sehingga pikun lebih lama dari seharusnya," ujarnya.

Penitipan lansia di Day Care Graha Ichsan dibuka mulai pukul 09.00 hingga 11.00 WIB. Biaya pertemuan Rp 500 ribu dalam sebulan, untuk empat kali pertemuan. Pertugas di penitipan lansia ada 5 orang, terdiri dari fisioterapis, dokter olahraga dan perawat lansia.

Graha Ichsan terletak di Jalan Boulevard Bintaro Jaya Kebayoran Arcade III Blok E1 Nomor 23, Bintaro Jaya Sektor VII, Tangerang Selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement