Kamis 14 Jan 2016 09:39 WIB

Mengajarkan Anak Disiplin Lewat Bantuan Day Care

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Menitipkan anak di day care.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Menitipkan anak di day care.

REPUBLIKA.CO.ID, Menitipkan anak di day care merupakan salah satu pilihan bagi para orang tua yang sibuk bekerja. Selain bisa menitipkan anaknya, apalagi manfaat day care bagi anak?

Direktur PT Global Ichsan Mandiri pemilik Day Care Graha Ichsan, Yanti Muliawati, yang juga seorang psikolog menjelaskan di day care tempatnya petugas bukan saja menjaga dan merawat anak. Tapi mereka juga menstimulasi sesuai usia mereka. Misalnya anak mulai usia satu tahun dilatih berbicara atau kemampuan bahasa. Petugas juga akan mengarahkan perkembangan anak sesuai usianya.

"Jika ada perkembangan anak yang tidak sesuai dengan usianya, kami akan informasikan pada orang tuanya," jelasnya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (13/1).

Selain itu, mereka juga akan menjaga anak agar tetap sehat secara fisik. Karena itu yang utama.

Di day care anak juga belajar mengenai pola kehidupan. Misalnya pola tidur, pola makan dan lainnya. Jika sudah masuk pukul 12.00 harus masuk ruang tidur, mau tidur atau tidak. Atau cuci tangan sebelum makan. "Nah dari situ anak bisa belajar disiplin," ujarnya.

(baca: Ortu, Ini Pesan Dibalik Sembilan Perilaku Unik Anak)

Bukan hanya itu anak-anak juga akan belajar mengenai pendidikan agama. Misalnya anak yang beragama Islam akan diajarkan mengenai agama Islam. Misalnya mengajarkan berdoa sebelum makan.

"Karena anak dari usia nol harus diajarkan intelektual, motorik dan agama," ujarnya.

Sebelum masuk day care anak akan di tes perkembangannya. Sudah sampai mana perkembangannya, sesuai usianya atau tidak. Potensi keterlambatan kemampuan anak seperti apa jadi sudah ketahuan di awal.

Selain itu orang tua akan dibuat nyaman karena day care dilengkapi dengan CCTV yang bisa dipantau langsung oleh orang tua melalui gadgetnya. Orang tua juga dimudahkan dengan kontak langsung via layanan Whats App, termasuk diberikan laporan harian perkembangan anak.

Jika ada salah satu bayi sakit, tersedia ruang isolasi agar tidak menular ke bayi lainnya. Bahkan bayinya bisa langsung dibawa ke klinik yang berada tepat di bawah day care yang terletak di Bintaro. Di klinik itu ada dokter anak, dokter umum, dokter gigi bahkan psikolog.

Memeriksakan kesehatan anak juga masuk dalam bagian dari pelayanan. Namun biaya dokter dan obat ditanggung orang tua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement