Sabtu 28 Feb 2015 17:32 WIB

Mengajarkan Anak Gosok Gigi

Sikat Gigi
Foto: Republika/Yasin Habibi
Sikat Gigi

REPUBLIKA.CO.ID, Menanamkan kebiasaan sikat gigi pada anak memang sulit. Namun jika sikat gigi terus diajarkan maka itu akan menjadi kebiasaan. Ikuti cara-cara mengajarkan anak sikat gigi di bawah ini, supaya anak sadar betapa pentingnya merawat gigi, seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Membiasakan sikat gigi  

Anda merupakan panutan pertama anak dalam hal merawat gigi di rumah. Anak perlu melihat Anda menyikat gigi lebih dahulu. Ciri khas anak-anak adalah suka meniru apa yang dilakukan orang tuanya.

Supaya sikat gigi terus tertanam dalam benak si kecil lakukan sikat gigi bersama dengan anak setiap hari sampai mereka terbiasa dan sikat gigi tanpa disuruh.

Beri mereka hadiah

Berikan hadiah ketika anak meyikat giginya. Untuk membuatnya lebih ‘menantang’ berikan hadiah jika si anak mampu menyikat giginya setiap hari selama sebulan penuh. Memberikan anak hadiah berupa mainan kesukaannya akan lebih murah daripada mengeluarkan uang untuk merawat gigi si kecil.

Jangan memaksa

Terkadang memang sulit menyuruh anak-anak untuk menyikat gigi, tetapi jangan paksa mereka. Anak-anak cenderung akan menolak jika dipaksa. Jika hari ini tidak sikat gigi, cobalah keesokan harinya. Menanamkan kebiasaan baru pada anak memang butuh kesabaran.

Jelaskan pentingnya sikat gigi pada anak

Jika Anda ingin si kecil menyikat gigi mereka, mereka perlu tahu mengapa mereka harus melakukannya. Beritahu mereka mereka bahwa bakteri dapat berkumpul di mulut jika mereka tidak menyikat gigi. Bakteri itu akan membuat gigi busuk dan sakit gusi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement