Jumat 27 Feb 2015 06:41 WIB

Waspadai Ini Ketika Memberi Stimulasi ke Anak

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Ibu dan anaknya.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Ibu dan anaknya.

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam mengasuh dan memberikan stimulasi terhadap anak, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, dilakukan dan diwaspadai orang tua. Apa saja hal itu?

Menurut psikolog anak, Ine Indriani, MPsi, hal yang utama dan harus diingat, orang tua adalah pengasuh, motivator, dan pemberi rangsangan dan stimulasi utama bagi anak. Dan yang bisa dilakukan orang tua terhadap anak adalah dengan memberikan berbagai stimulasi yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.

Berikan stimulasi dengan mempertimbangkan aspek  multiple intelligence (kecerdasan majemuk). Juga cari stimulasi yang memberi kesempatan pada anak untuk eksplorasi dan bertanya, serta mendukung hal-hal yang menjadi potensi dan minatnya dan memberikan penguatan dan motivasi positif pada anak di setiap kesempatan. Selain itu, hindari membanding-bandingkan anak.

“Orang tua juga harus memberikan penghargaan terhadap usaha anak, walaupun usahanya belum tentu maksimal,” ujarnya. Selain ada hal-hal yang harus diperhatikan dan dilakukan, orang tua juga harus mewaspadai beberapa hal dalam memberikan pengasuhan dan stimulasi.

Apa saja hal yang perlu orang tua waspadai? Orang tua perlu menyadari apakah stimulasi yang diberikan ke anak sesuai dengan keinginan orang tua atau anak. Ine pun meminta orang tua waspada saat berambisi agar anaknya memiliki cita-cita seperti kemauan orang tua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement