Rabu 21 Jan 2015 08:27 WIB

Lihat Sisi Gelap Meksiko, Turis Diajak Naik Bus 'Corruptour'

Rep: CR05/ Red: Winda Destiana Putri
Bus Corruptour
Foto: Dailymail
Bus Corruptour

REPUBLIKA.CO.ID, MEKSIKO--Sebuah layanan perjalanan bus gratis yang dibuat para aktivis anti korupsi Via Ciudadana telah hadir di kota industri Meksiko Monterrey, Amerika.

Dilansir dari Dailymail, Rabu (21/1), bus ini dinamai Corruptour sebagai sindiran bagi para koruptor yang pernah menyalahgunakan kekuasaannya. Tidak seperti kendaraan wisata pada umumnya yang mengajak penumpang melihat pemandangan indah.

Bus yang juga bergambar politisi dengan sekantong uang dan tikus serta babi ini justru mengajak penumpang mengelilingi sisi gelap Meksiko utara.

Bus mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang menjadi bukti dari kekuasaan politik Meksiko yang pernah disalahgunakaan. Seperti mengelilingi kartel gembong narkoba, Casino Royale tempat serangan pembakaran yang menewaskan 52 orang pada 2011. Hingga melewati bangunan tertinggi yang dibangun pemerintah setempat dari uang rakyat.

Bus berhenti di 10 landmark sembari memperdengarkan rekaman, memberi informasi bagaimana dugaan uang publik telah dikorupsi atau diselewengkan pemerintah.

 

Via Ciudadana menyebut wilayah ini merupakan salah satu kota paling makmur di Amerika Latin. Karenanya bus ini juga dihadirkan untuk mengekspos penyalahgunaan kekuasaan maupun penyelewengan dana publik yang marak terjadi di Meksiko.

"Bus tur ini bertujuan melawan ketidakpedulian dan membangunkan pikiran orang bahwa korupsi memberi dampak sangat nyata," kata Miguel Trevino, seorang pemimpin Via Ciudadana dan Corruptour organizer.

Baru satu minggu layanan dibuka, bus ini sudah laris manis diminati wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sebagai informasi, Meksiko masuk peringkat 106 dari 177 negara dalam indeks Transparency International 2013 berdasarkan tingkat persepsi korupsi masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement