Ahad 18 Jan 2015 14:30 WIB

Morning Sickness Saat Hamil, Ini Cara Mengatasinya

Morning sickness
Foto: Huffingtonpost
Morning sickness

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perempuan hamil pasti mengalami morning sickness pada trimester pertama kehamilanya. Sayangnya, morning sickness memang tidak bisa dicegah sama sekali. Produksi hormon kehamilan yang meningkat berimbas pada indera pengecap dan indra penciuman yang semakin peka.

Daripada Anda stres, lebih baik mencari solusi mengobati morning sickness. Kami akan memberikan beberapa tip untuk mengurangi rasa mual di perut seperti yang disadur dari situs www.parentsindonesia.com.

Makan makanan yang Anda suka

Pada awal kehamilan, Anda mungkin tidak suka makan sama sekali. Tapi perut yang kosong hanya akan membuat kondisi semakin buruk karena rendahnya kadar gula darah. Cobalah mengunyah beberapa potong biskuit setelah bangun pagi. Santap makanan kecil yang asin, dan camilan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti roti gandum sebelum tidur agar rasa mual berkurang. Beberapa perempuan hamil mengaku saat mereka mengonsumsi makanan asin atau asam, seperti keripik kentang dan jus jeruk, dapat mengurangi rasa mual.

Hindari makanan yang sebabkan mual

Jika Anda ngidam sebuah makanan, sebaiknya makan saja. Lalu hindari makanan atau bau yang bisa memicu rasa mual. Pilihlah makanan yang dingin atau makanan bersuhu ruangan karena akan mengurangi bau tersebut.

Banyak minum air putih

Jika Anda sering muntah banyaklah minum air putih. Dianjurkan Anda membiasakan diri untuk minum melebihi jumlah yang disarankan ahli kesehatan yaitu delapan gelas per hari. Sebagai alternatif cobalah Anda konsumsi semangka beku atau es batu jika sudah mulai kembung minum air. Cobalah juga minum diantara waktu makan. Jika Anda harus minum selama makan, batasi jumlahnya untuk menjaga perut Anda terlalu kenyang.

Konsumsi obat-obatan

Unisom, obat yang bisa mebantu Anda tidur, mengandung bahan anti-mual, dan sebagian besar ahli kesehatan menyatakan obat itu aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. American Medical Association (AMA) juga telah menyatakan akupuntur efektif untuk mengobati mual selama kehamilan. Atau Anda bisa mencoba resep tradisonal seperti jahe. Jahe telah dikenal selama ribuan tahun bisa mengobati mual. Saat ke toko grosir belilah permen jahe, teh jahe, atau kue yang berbahan dasar jahe.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement