Kamis 25 Dec 2014 02:16 WIB

Ini Alasan Mengapa Kita Perlu Mendukung Impian Anak

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Anak-anak (Ilustrasi)
Foto: The Guardian
Anak-anak (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap anak memiliki impian. Sebagai orang tua, tentu kita wajib mendukung impian tersebut. Mengapa kita perlu mendukung impian anak?

Psikolog Anak, Ine Indriani Aditya, M.Psi menjelaskan orang tua perlu mendukung impian anak karena setiap  manusia termasuk anak diciptakan ke dunia, memiliki fungsinya masing-masing. Tidak ada manusia yang sama, termasuk anak kembar sekalipun.

"Masing-masing orang adalah very limited edition," ujarnya kepada Republika Online, Kamis (25/12).

Selain itu, alasan orang tua perlu mendukung impian anak menurut Ine karena setiap anak dapat tumbuh menjadi individu yang optimal dan beraktualisasi di masa dewasa, bila melakukan segala sesuatu sesuai dengan potensi dan minatnya.

Ine menambahkan masih banyak orangtua atau pengajar yang lebih fokus pada kelemahan anak dan cara penanganannya, dibandingkan dengan mencari dan mengembangkan apa yang menjadi kekuatan anak.

"Yang perlu diingat adalah setiap manusia memiliki kekuatan dan keunikan yang berbeda satu sama lain. Apabila dikembangkan dan diasah sedemikian rupa, anak dapat menjadi individu yang optimal dan mampu beraktualisasi," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement