Jumat 05 Dec 2014 08:21 WIB

Sup Lezat Minim Gula Garam

Sup ayam
Foto: flickr
Sup ayam

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam satu hari pemerintah telah mengatur batas asupan gula dan garam yang sesuai dengan angka kecukupan gizi orang Indonesia. Aturannya, dalam satu hari orang dewasa hanya boleh memasukkan gula sebesar 25 hingga 50 gram atau sebanyak 3 hingga 6 sendok makan.

Sedangkan garam hanya boleh ditambahkan maksimal 2.000 miligram atau 2 gram per hari. Penggunaan garam dan gula pada makanan atau minuman di Indonesia tergolong masih tinggi.

Berdasarkan data Survei Ekonomi Nasional 2011, konsumsi gula orang Indonesia mencapai 1,4 kg per minggu. Atau 200 gram per harinya. Penggunaan garam bahkan lebih tinggi lagi. Survei yang sama menyatakan konsumsi garam orang Indonesia mencapai 311 gram per minggu atau 44 gram per hari, alias 22 kali lebih banyak dari anjuran per hari.

Mengurangi gula dan garam membutuhkan pola pikir dan pola kebiasaan yang tidak bisa instan. Salah satu cara mengurangi asupan gula dan garam adalah memasak sendiri makanan dan minuman di rumah agar memastikan kandungan gula dan garamnya tidak berlebihan.

Chef Rikrik dari Unilever Kitchen, kemarin (4/12), membagi trik memasak lezat dengan harus menambahkan gula dan garam yang banyak. Untuk sup ayam, misalnya, Rikrik mengatakan agar sehat gunakan daging ayam tanpa kulit. Rasa gurih alami akan keluar dari daging dada ayam.

Tambahkan pula bumbu-bumbu seperti bawang putih dan bawang merah tumis, serta seledri dan daun bawang. Sebagai pengganti garam, saat hendak menyajikan sup taburi dengan bawang goreng. Sementara rasa manis bisa didapat dari sayur seperti wortel dan buncis.

''Dengan begitu untuk 800 gram ayam yang akan dimasak sup dalam air 2 liter, cuma butuh tambahan 1 sendok teh garam dan 3 sendok teh gula,'' ujarnya.

Pemanfaatan bahan-bahan alami itu membuat penurunan kalori lemak total hingga 68 persen. Faktornya terutama karena menggunakan daging ayam yang sudah dibuang kulitnya. Sedangkan bahan-bahan alami yang dipakai sebagai pemberi rasa gurih alami membuat kadar sodium dalam resep sup ayam ini berkurang hingga 30 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement