Sabtu 22 Dec 2012 18:21 WIB

Video Gangnam Style Dilihat Satu Miliar Kali

Psy dengan Gangnam Style-nya.
Foto: popdust.com
Psy dengan Gangnam Style-nya.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Video klip 'Gangnam Style' yang dinyanyikan rapper asal Korea Selatan, Psy, menjadi video pertama yang dilihat sebanyak satu miliar kali di laman jejaring YouTube.

Reuters melaporkan, video klip yang pertama kali diunggah ke YouTube pada 15 Juli lalu, mencapai rekor satu miliar kali dilihat, Jumat (21/12) pukul 22.50 WIB. Rekor itu membuat YouTube langsung memperingati peristiwa bersejarah dengan menampilkan Psy sebagai ikon yang sedang berjoget di sebelah logo YouTube.

Bulan lalu, video klip yang diambil di sebuah distrik di Seoul itu telah menjadi video terbanyak yang dilihat di Youtube, mengalahkan video klip 'Baby' milik Justin Bieber, yang sebelumnya memegang rekor tersebut.

"Bahkan saya tidak pernah membayangkan 'Gangnam Style' akan dilihat satu juta kali. Tetapi sekarang satu miliar kali! Apakah ini benar-benar pertunjukkan ala-PSY?" kata Psy dalam sebuah pernyataan.

Tahun ini merupakan masa keemasan bagi rapper 34 tahun itu. Ia menjadi artis pop Korea (K-pop) pertama yang berhasil meraih sukses di Amerika Serikat, setelah 'Gangnam Style' menarik perhatian banyak pihak.

Psy bahkan bisa tampil di depan Presiden AS, Barack Obama dan Sekretaris Jendral PBB, Ban Ki-moon. Psy juga meraih penghargaan video terbaik dalam ajang MTV Europe Music Award pada November lalu.

Video yang menampilkan Psy sedang berjoget dengan gaya seperti menunggangi kuda tersebut, membius masyarakat dunia. Tarian Psy menjadi tren yang diikuti dari anak-anak hingga orang tua.

Popularitas lagu itu juga berhasil menumbuhkan ketertarikan global terhadap musik pop Asia, khususnya industri K-pop, yang kini berambisi untuk mengikuti jejak sukses Psy menuju arena pentas musik pop Barat.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement