Sabtu 17 Nov 2012 06:00 WIB

Lima Media Besar AS yang Mengulas Gangnam Style

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Psy 'Gangnam Style'
Psy 'Gangnam Style'

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Gangnam Style yang dipopulerkan oleh Park Jae Sang (Psy) sukses menyapu perhatian dunia internasional sebagai salah satu video musik paling sensasional tahun ini. Hampir semua media lokal dan internasional mengulas lengkap tentang bintang asal Korea Selatan ini.

Berikut adalah lima media besar di Amerika Serikat yang mengupas lengkap tentang Psy. Bahkan, lima media ini menempatkan berita Psy di kolom utama mereka.

Pertama, Gawker dengan memberi judul artikelnya, "Did This Underground Hip Hop Artist from Sout Korea Just Release the Best Music Video of the Year?" Berita ini diposting pada 30 Juli 2012. Artikel ini menjadi artikel pertama Psy di media AS.

Kedua, CNN dengan memberi judul artikelnya, "Rapper Living Gangnam Style Goes Viral." Di artikel disebut bahwa sederet artis artis kawakan Amerika, seperti T-Pain, Josh Groban, dan Robbie Williams terus menyebut nama Psy.

Bahkan salah seorang koresponden CNN mengatakan. "Aku terus menonton video ini. Harus kuakui, aku sudah menontonnya lebih dari 15 kali," kata koresponden CNN New York, Shannon Cook, dikutip dari Soompi.

Ketiga, The Atlantic dengan memberi judul artikelnya "Gangnam Style Dissected: The Subversive Message Aithin South Korea's Music Video Sensation." Disaat sebagian besar media AS fokus pada video visual dan karir Psy, The Atlantic menerbitkan artikel mendalam tentang Psy.

Media ini memberikan interpretasi yang cukup bagus pada makna lirik-lirik yang terkandung dalam Gangnam Style. The Atlantic menjelaskan implikasi sosial dan budaya Korea Selatan yang terkandung di dalam lirik Psy. Ini menjadikan pembaca memahami lagu Gangnam Style dengan baik.

Keempat, ABC News dengan memberi judul berita "South Korean Rapper Psy's Gangnam Style Goes Viral." Pada 14 Agustus 2012, Psy mendapat kesempatan wawancara dengan ABC News. Dia menjelaskan arti dari Gangnam Style dan memberikan tutorial singkat cara menarikan gerakan kuda ala Gangnam Style.

Kelima, Wall Street Journal yang memberi judul "Five Must See Gangnam Style Response Videos."

Media ini mengumpulkan lima video Gangnam Style yang menjadi inspirasi banyak penggemar Psy di seluruh dunia. Artikel ini diterbitkan pada 22 Agustus 2012. Kelima video itu berjudul Pony Gangnam Style, Pyongyang Style, Hongdae Style, Oppa is Just My Style, dan Gangnam Style in English.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement