Ahad 03 Jul 2011 11:16 WIB

Masjid Alam, Masjid Tertua di Batavia

Rep: Agung Sasongko/ Red: Didi Purwadi
Peserta 'Melancong Bareng Abah Alwi' edisi 'Menelusuri Jejak Portugis di Kampung si Pitung' mendengar penjelasan sebelum melakukan perjalanan wisata sejarah.
Foto: www.republika.co.id
Peserta 'Melancong Bareng Abah Alwi' edisi 'Menelusuri Jejak Portugis di Kampung si Pitung' mendengar penjelasan sebelum melakukan perjalanan wisata sejarah.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Berbicara soal masjid, hingga kini belum bisa dipastikan masjid mana yang paling tua di Jakarta. Bisa jadi, masjid Al-Alam merupakan salah satunya.

Kepada peserta 'Melancong Bareng Abah Alwi' edisi 'Menelusuri Jejak Portugis di Kampung si Pitung', Alwi Shahab, pemerhati sejarah Jakarta, mengatakan keberadaan masjid tua di Jakarta sulit untuk dipastikan. Namun, menurut dia, ketika Islam menyebar di Jakarta itu keberadaan masjid berlokasi tak jauh dari pesisir pantai.

"Masjid Al-Alam bisa jadi yang tertua. Sebab, sejarah mencatat masjid ini dibangun oleh Fatahillah pada abad ke 15," kata dia.

Menurut Abah, masjid yang kini dilihat para peserta melancong bukanlah bentuk aslinya. Serupa dengan masjid tua lain seperti masjid Langgar Tinggi dan Masjid al-Anshor, masjid Al-Alam mengalami renovasi berkali-kali.

Tanda bentuk asli Masjid Al-Alam terletak pada empat tiang fondasi besar di tengah bangunan utama masjid. Keempat tiang ini umumnya banya ditemukan di setiap masjid tua di pulau Jawa. "Sebelum dibangun ulang pangeran Jayakarta, kondisinya rusak berat," kata dia.

Saat itu, lanjut Abah, para pengikut Pangeran Jayakarta tengah menelusuri Batavia melalui sungai Ciliwung dengan Perahu. Tanpa sengaja mereka melihat masjid tidak terpelihara bahkan nyaris roboh. Melihat kondisi itu, pengikut pangeran Jayakarta segera membangun ulang.

Sekarang, kondisi masjid Al-Alam begitu megah dan luas. Posisinya sebagai cagar budaya menjadikan masjid ini mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. "Sekarang kondisinya lebih baik. Perhatian terhadap masjid ini sangat besar meski berada dalam ruang terpencil," pungkas Abah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement