Rabu 27 Nov 2024 20:00 WIB

SukkhaCitta Gelar Eksibisi yang Berakar Kearifan Lokal Indonesia

Eksibisi mengajak publik kembali mengenal dari mana pakaian berasal.

Pengunjung melihat produk fashion SukkhaCitta pada pameran REGENERASI di Plaza Indonesia, Jakarta, Jumat (22/11/2024).
Foto: Republika/Prayogi
Pengunjung melihat produk fashion SukkhaCitta pada pameran REGENERASI di Plaza Indonesia, Jakarta, Jumat (22/11/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merek busana lokal SukkhaCitta menggelar eksibisi REGENERASI, sebuah pameran yang berakar pada kearifan lokal Indonesia untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan. Dengan konsep yang bertumpu pada siklus regeneratif alam dan berfokus pada kesehatan tanah, pemberdayaan perempuan, serta pelestarian budaya, eksibisi ini akan diadakan selama satu tahun hingga akhir tahun 2025.

Eksibisi REGENERASI akan diselenggarakan di Jakarta, dilanjutkan dengan Singapura, sebelum akhirnya dilanjutkan ke Bali serta kota-kota lain di Indonesia. Pameran bertujuan mengajak masyarakat terlibat dalam gerakan transformatif ini.

Baca Juga

“Dimulai dari Jakarta, Bali, Singapura, hingga harapannya berbagai kota lain di Indonesia, eksibisi REGENERASI ingin mengingatkan teman-teman untuk memberi lebih terutama untuk Bumi," kata pendiri SukkhaCitta, Denica Riadini-Flesch, dikutip dari siaran pers, Rabu (27/11/2024).

Semua karya SukkhaCitta dibuat dari 100 persen tanaman, mulai dari kapas Tumpang Sari yang ditanam secara organik dan regeneratif, sampai pewarna alam. "Hal ini kami terapkan agar semua yang kami ciptakan bisa meregenerasi tanah dari mengubah bagaimana dia ditanam, dapat diperbaiki melalui re-dye services, dan didesain agar bisa diurai ulang tanpa meninggalkan sampah di Bumi,” tuturnya.

photo
Pengunjung melihat produk fashion SukkhaCitta pada pameran eksebisi REGENERASI di Plaza Indonesia, Jakarta, Jumat (22/11/2024). - (Republika/Prayogi)

REGENERASI mengajak publik untuk kembali mengenal dari mana pakaian berasal. Selain berfokus pada isu lingkungan, eksibisi REGENERASI juga ingin mengangkat cerita para ibu yang berjasa memproduksi koleksi SukkhaCitta dengan menggunakan teknik kearifan lokal Tumpang Sari tanpa memakai pestisida kimia atau pupuk sintetik yang berbahaya bagi lingkungan.

SukkhaCitta adalah fashion brand pertama di dunia yang mendapatkan sertifikasi Ethically Handcrafted. Ia juga fashion brand pertama di Asia yang telah terverifikasi net zero target oleh Science Based Targets Initiative.

SukkhaCitta tidak hanya bermaksud mengurangi kerusakan yang sudah ada. Denica mengatakan SukkhaCitta ingin memberikan dampak yang nyata.

Pameran REGENERASI akan menampilkan koleksi terbaru SukkhaCitta dari pertanian regeneratif mereka, bertajuk KAPAS Kala. Lahirnya koleksi terbaru ini ingin memberikan pesan fashion tidak hanya soal keindahan, tetapi juga dapat menjadi bagian dari gerakan besar menuju ekonomi regeneratif yang diwujudkan melalui kreativitas.

“Masih banyak orang yang belum terlalu mengenal praktik regeneratif dan pentingnya menjalankan praktik ini bagi masa depan," kata Creative Director SukkhaCitta, Anastasia A Setiobudi.

Eksibisi REGENERASI dapat dikunjungi mulai dari tanggal 20 November 2024 hingga 18 Mei 2025 di Plaza Indonesia. Rangkaian perjalanan REGENERASI pun dapat dinikmati oleh pengunjung di Ashta District 8 dan Design Orchard Singapura.

photo
Founder SukkhaCitta Denica Riadini Flesch (tengah) bersama Creative Director SukkhaCitta Anastasia A. Setiobudi (kiri) memberikan keterangan eksibisi REGENERASI di Plaza Indonesia, Jakarta, Jumat (22/11/2024). - (Republika/Prayogi)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement