Senin 20 May 2024 17:08 WIB

Skandal Burning Sun Disorot, Ini Daftar Artis Korea yang Namanya Muncul di Chat Film BBC

Film dokumenter Burning Sun BBC mengungkap 10 artis Korea yang terlibat.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Jung Joon-young. Jung Joon-young menjadi salah satu artis Korea yang namanya muncul dalam chat di film BBC. Dia terlihat paling aktif di ruang obrolan tersebut.
Foto: EPA
Jung Joon-young. Jung Joon-young menjadi salah satu artis Korea yang namanya muncul dalam chat di film BBC. Dia terlihat paling aktif di ruang obrolan tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Skandal besar Burning Sun yang terjadi di Korea Selatan kembali menjadi sorotan publik setelah perilisan film dokumenter terbaru oleh BBC. Kasus yang menghebohkan ini melibatkan sejumlah selebritas Korea Selatan dalam sebuah ruang obrolan atau chat.

Dokumenter tersebut mengungkap 10 selebritas yang disebutkan dalam ruang obrolan, yang menjadi inti dari skandal tersebut. Dilansir Koreaboo pada Senin (20/5/2024), berikut adalah rekap nama-nama selebritas yang disebutkan dalam skandal tersebut beserta peran mereka masing-masing, berdasarkan laporan dari MBC:

Baca Juga

1. Seungri

Pemimpin grup dan otak di balik operasi. Sebagai bos dari skandal ini, Seungri bertanggung jawab merencanakan acara besar dan melayani klien penting dengan menggunakan jaringan pertemanannya untuk menjalankan aktivitas ilegal di klub Burning Sun.

 

2. Jung Joon-young

Tangan kanan Seungri. Jung Joon-young paling aktif di ruang obrolan tersebut. Dia terbukti menyebarkan 11 video ilegal tentang wanita yang direkam tanpa izin.

3. Yong Jun-hyung

Pengamat dalam ruang obrolan. Yong Jun-hyung awalnya membantah keterlibatannya, tetapi mengubah pernyataannya setelah bukti dari ruang obrolan dipublikasikan. Meskipun dia tidak pernah merekam apa pun secara pribadi, dia mengaku menjadi pengamat aktif dalam ruang obrolan.

4. Choi Jong-hoon

Terlibat dalam pengejekan dan penyuapan. Selain mengejek wanita dalam video, Choi Jong-hoon juga mengusulkan suap kepada polisi dan terbukti menyebarkan video cabul.

5. Roy Kim

Pengirim foto cabul. Meski membantah terlibat dalam skandal utama, Roy Kim mengakui pernah mengirimkan foto cabul ke grup pada 2016, yang melibatkan Jung Joon-young dan Seungri. Dia mengklaim bahwa foto tersebut dia dapatkan secara daring dan ingin berbagi informasi bahwa foto tersebut telah dipotret.

6. Lee Jong-hyun

Pengamat yang membuat komentar seksual. Meskipun tidak terlibat dalam pembuatan film ilegal, dia membuat komentar yang melecehkan secara seksual dan memperlakukan wanita seperti objek.

7. Kang In

Nama Kang In disebutkan ketika polisi mengidentifikasinya sebagai tersangka. Kang In membantah keterlibatannya. Dia mengeklaim bahwa hanya menjadi bagian dari ruang obrolan sebelum kejahatan tersebut dilakukan.

8. Jung Jin-woon

Menghadapi kasus serupa dengan Kang In, tetapi keterlibatannya tidak terlalu jelas.

9. Lee Cheol-woo

Dia menghadapi kasus serupa dengan Kang In dan Jung Jin-woon, keterlibatannya di ruang obrolan tersebut membuatnya menjadi salah satu nama yang disebutkan dalam skandal ini.

10. Eddy Kim

Penyebar foto cabul. Eddy Kim mengaku tidak terlibat dalam skandal utama, tetapi mengakui menyebarkan satu foto cabul yang didapatkan dari internet.

Selain 10 selebritas tersebut, ada juga dua staf klub Burning Sun yang turut terlibat dalam ruang obrolan. Mereka membantu memfasilitasi rencana-rencana Seungri yang melibatkan aktivitas ilegal di klub tersebut.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement