Selasa 15 Oct 2024 11:25 WIB

Respons K-Netz Terhadap Seunghan RIIZE Dinilai tak Adil Dibanding Kasus Taeil dan Seungri

Para penggemar K-pop global merasa bahwa Seunghan menerima perlakuan tidak adil.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Member RIIZE, Seunghan. Para penggemar K-pop global merasa bahwa Seunghan menerima perlakuan tidak adil dari K-netz.
Foto: Dok. Instagram/riize_official
Member RIIZE, Seunghan. Para penggemar K-pop global merasa bahwa Seunghan menerima perlakuan tidak adil dari K-netz.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Netizen atau warganet Korea (K-netz) dinilai telah bersikap keterlaluan dan tidak adil terhadap Seunghan. Pada 13 Oktober, Seunghan memutuskan untuk keluar secara resmi dari grup RIIZE, setelah menghadapi reaksi keras dari K-netz yang menolak kembalinya Seunghan ke RIIZE.

Gelombang kritik dan kecaman dari K-netz terhadap Seunghan bermula pada Agustus 2023, di mana sebuah foto yang memperlihatkan Seunghan berciuman dan berpelukan dengan kekasihnya tersebar di media sosial. 

Baca Juga

Seperti dilansir Pinkvilla, foto-foto yang tersebar sebulan sebelum debut resmi RIIZE ini menimbulkan reaksi kecaman dari K-netz. Setelah itu, foto dan video yang memperlihatkan Seunghan sedang merokok ikut tersebar di media sosial, menambah gelombang kritik. Dalam budaya Korea Selatan, merokok tidak dipandang baik terutama jika melibatkan seorang idol.

Karena masalah ini, pada November 2023 Seunghan sempat hiatus, hingga pada 10 Oktober 2024 SM Entertainment mengumumkan bahwa Seunghan akan kembali beraktivitas dengan grup. Hal ini memicu reaksi penolakan dari BRIIZE, fandom RIIZE, yang mendorong aksi boikot hingga pengiriman karangan bunga duka cita ke kantor SM Entertainment. Reaksi keras ini pun membuat Seunghan keluar dari RIIZE.

Para penggemar K-pop global merasa bahwa Seunghan menerima perlakuan tidak adil dari K-netz. K-netz dinilai bersikap berlebihan, mengingat Seunghan hanya kedapatan merokok dan berfoto dengan pacar, bukan pemerkosaan. Para penggemar K-pop global menegaskan bahwa apa yang dilakukan Seunghan bukan tindakan kriminal berat.

“Knetz memang cocok masuk neraka. Karina dating nulis permintaan maaf. Seunghan mimpinya hancur cuma karena pacaran dan merokok, itu pun dia masih belum debut. Dia bukan ngelakuin hal kriminal lho,” kata pengguna X dengan akun @yunhyeo** seperti dikutip Selasa (15/10/2024).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement