Rabu 24 Apr 2024 18:14 WIB

Usia 30 Tahun Sering Keluhkan Leher dan Pinggul Pegal? Awas Saraf Kejepit

Pasien paling banyak melakukan bone setting rata-rata berusia 30 tahun.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Friska Yolandha
Senior Therapist Klinik Meditar Krisnawan mendemonstrasikan terapi bone setting di Klinik Meditar, Jakarta, Rabu (24/4/2024).
Foto: Republika/Ronggo Astungkoro
Senior Therapist Klinik Meditar Krisnawan mendemonstrasikan terapi bone setting di Klinik Meditar, Jakarta, Rabu (24/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Senior Therapist Klinik Meditar Krisnawan Priyanka mengungkapkan, pasien yang paling banyak melalukan bone setting atau mengatur posisi tulang di kliniknya rata-rata berusia 30 tahun. Di mana, pasien pada usia 30-40 tahun kerap mengeluhkan pegal di bagian leher serta pinggang.

"Biasanya mulai leher pegal banget atau pinggang terasa mau patah tiap bangun tidur. Kondisi itu belum sampai saraf kejepit, tapi bisa menuju ke sana," ujar Krisnawan pada pembukaan Klinik Meditar di Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (24/4/2024).

Baca Juga

Untuk menangani keluhan itu, pihaknya akan melakukan observasi terhadap pasien terlebih dahulu. Lalu, setelah diketahui keluhannya, terapis akan melakukan sejumlah pengukuran terlebih dahulu. Barulah kemudian terapis tersebut akan mulai melakukan terapi kepada pasien.

"Kita konsultasikan dulu, 'oh, emang ini bisa kita bantu'. Kayak gitu. Kita juga nggak bohong. Kalau misalnya kita nggak bisa bantu, kita bilang, oh ini kita nggak bisa bantu banyak," jelas dia.

Menurut Krisnawan, langkah-langkah itulah yang menjadi salah satu pembeda kliniknya dengan klinik serupa lain. Dia memastikan, terapis yang ada di klinik Meditar, yang dapat melakukan terapi modern dan terapi tradisional China, merupakan tenaga profesional yang tidak sebentar atau hanya dari media sosial.

"Kita ini ada dasarnya, ada ilmuannya. Bukan yang mungkin sehari, dua hari, atau satu bulan buat belajar gitu. Itu nggak bakal bisa kayak gitu. Jadi kita memang bener-bener belajar dan intens buat latihan," kata pria yang sudah mempelajari ilmunya lebih dari lima tahun itu.

Sementara itu, Brand Ambassador Klinik Meditar Master Chris Leong mengungkapkan, ada sekitar 206 tulang yang dapat di-'kretek' lewat teknik Tir Tar yang dia kembangkan. Pria asal Malaysia itu menjelaskan, postur tubuh harus baik untuk mencegah saraf bermasalah.

"Kalau postur salah, otot salah, syaraf juga bisa jadi bermasalah. Kalau ke sini, akan dicek gerakan bagian yang salah. Kalau ada yang kekunci (gerakannya) di situ ada yang tidak betul," jelas dia.

Klinik Meditar merupakan klinik yang memadukan terapi modern dan terapi tradisional China. Di mana, terapi modern berupa fisioterapi dan terapi tradisional China berupa bone setting, akupuntur, cupping, dan moxibution.

"Semua keluhan yang berhubungan dengan gerak dan fungsi itu bisa kita tangani," kata dia. Layanan yang tersedia di klinik ini memang mencakup kesehatan tulang, sendi, otot, dan saraf.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement