Kamis 11 Apr 2024 20:04 WIB

Makna Idul Fitri Bagi Sineas Muslim AS Razi Jafri

Umat Islam di AS memiliki latar belakang budaya yang sangat beragam.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Produser film Muslim Amerika Razi Jafri saat wawancara bersama Republika di Jakarta, Sabtu (16/3/2024).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Produser film Muslim Amerika Razi Jafri saat wawancara bersama Republika di Jakarta, Sabtu (16/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah menjadi momen yang sangat istimewa bagi sineas Muslim asal Amerika Serikat, Razi Jafri. Sutradara sekaligus produser film dokumenter Hamtramck, USA itu menganggapnya sebagai saat yang sangat menggembirakan bagi Muslim.

"Setelah menahan hawa nafsu, tidak makan dan minum sepanjang bulan suci Ramadhan, ini adalah waktu untuk berpesta dan merayakan bersama keluarga kita, menikmati semua hidangan lezat," kata Jafri kepada Republika.co.id.

Baca Juga

Selain itu, bagi Jafri, Lebaran juga menjadi waktu yang sangat tepat untuk menumbuhkan rasa spiritualitas. Meski Ramadhan telah berlalu, berbagai kebiasaan baik yang sudah dilakukan selama bulan suci bisa tetap dipertahankan dalam kehidupan sepanjang tahun, sambil menunggu datangnya Ramadhan berikutnya.

Idul Fitri juga disebut Jafri merupakan waktu ketika Muslim bisa berkumpul bersama orang tersayang, baik itu keluarga, teman, sahabat, serta komunitas. Jafri menyampaikan bahwa umat Islam di AS memiliki latar belakang budaya yang sangat beragam.

Hal itu merupakan salah satu hal yang Jafri syukuri selama menjadi Muslim di AS. Pria keturunan India itu telah menjalin hubungan hangat dengan Muslim lintas kultur, baik dari Asia, Arab, Afrika, dan banyak lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement