Kamis 21 Mar 2024 05:54 WIB

Kiprah Razi Jafri, Sineas yang Garap Film Tentang Kisah Autentik Muslim di AS

Lebih suka mengangkat kehidupan nyata, Razi Jafri fokus menggarap film dokumenter.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Produser film Muslim Amerika Razi Jafri saat wawancara bersama Republika di Jakarta, Sabtu (16/3/2024).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Produser film Muslim Amerika Razi Jafri saat wawancara bersama Republika di Jakarta, Sabtu (16/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deretan karya film dokumenter telah dihadirkan oleh sineas Muslim yang tinggal di Detroit, Amerika Serikat, Razi Jafri. Proyek film dokumenter pertamanya yang berjudul Hamtramck, USA, memuat kisah autentik dan demokrasi di Hamtramck, Michigan, kota mayoritas Muslim pertama di AS.

"Inspirasinya adalah saya ingin menceritakan kisah autentik tentang Muslim Amerika, karena kami sering menghadapi islamofobia dan kesalahpahaman tentang komunitas Muslim yang digambarkan sebagai pelaku terorisme atau korban terorisme. Dan Hamtramck sendiri menghadapi banyak stereotipe," kata Jafri kepada Republika.co.id.

Baca Juga

Pria keturunan India tersebut menyutradarai Hamtramck, USA bersama sineas Justin Feltman. Selain menjadi sutradara, di berbagai proyek film lainnya Jafri juga bertindak sebagai produser atau sinematografer. Saat ini, dia memilih fokus pada tayangan dokumenter.

 

Karya Jafri lainnya adalah Three Chaplains (sebagai produser), yang bercerita tentang rohaniwan dan rohaniwati Muslim yang berupaya meningkatkan kebebasan beragama di militer AS. Ada juga film dokumenter Rouge (sebagai produser) yang menceritakan para pelajar-atlet di salah satu klub bola basket terkaya di Amerika.

Alumnus University of Michigan itu juga menyutradarai film Untitled Yemeni Refugee Project yang menceritakan seorang pengungsi yang tinggal di Korea Selatan setelah melarikan diri dari perang saudara Yaman. Film memperlihatkan perjuangan pengungsi itu untuk bersatu kembali dengan keluarganya di AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement