Kamis 21 Mar 2024 16:21 WIB

Sutradara dan Produser Razi Jafri Ungkap Tantangan Menjadi Sineas Muslim di Amerika

Razi Jafri merupakan salah satu sutradara film dokumenter Hamtramck, USA.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Produser film Muslim Amerika Razi Jafri saat wawancara bersama Republika di Jakarta, Sabtu (16/3/2024).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Produser film Muslim Amerika Razi Jafri saat wawancara bersama Republika di Jakarta, Sabtu (16/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sutradara dan produser Razi Jafri mengungkap tantangan yang dia hadapi selama berkiprah menjadi sineas Muslim di Amerika Serikat. Menurut Jafri, ada banyak kendala yang dia hadapi selama menjadi filmmaker, khususnya yang fokus di bidang dokumenter.

"Menurut saya, dalam industri film, ada banyak tantangan seputar representasi. Jadi tidak banyak aktor/aktris Muslim atau sutradara, penulis di TV, film, dan dokumenter. Kami memiliki kelompok kecil, komunitas kecil. Saya harap ini terus berkembang," ujarnya kepada Republika.co.id.

Baca Juga

Meski demikian, Jafri berpendapat kelompok kecil sineas Muslim itu tetap bisa memberikan dampak. Ada pembuat film, penulis, sutradara, dan produser Muslim yang sudah sangat sukses. Mereka saling membantu serta menjadi mentor untuk generasi berikutnya. 

Jafri berkata sosok-sosok sineas Muslim "senior" yang dia hormati itu, yang karyanya banyak diakui dan/atau menyabet berbagai penghargaan, telah menciptakan jalan sehingga apa yang dia lalui lebih mudah. Dia pun hendak melakukan hal yang sama. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement