Rabu 03 Apr 2024 07:12 WIB

Apa Itu Sindrom Havana? Kesaksian Agen FBI: Rasanya Seperti Telinga Dibor Dokter Gigi

Para diplomat dan intelijen AS dilaporkan mengalami sindrom Havana.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Penderita sindrom Havana (ilustrasi). Ada beberapa gejala sindrom Havana seperti lelah, mual, dan tekanan di kepala. Seorang agen FBI mengatakan rasa sindrom Havana seperti  10 kali lipat dari seorang dokter gigi mengebor telinganya..
Foto: Dok. Freepik
Penderita sindrom Havana (ilustrasi). Ada beberapa gejala sindrom Havana seperti lelah, mual, dan tekanan di kepala. Seorang agen FBI mengatakan rasa sindrom Havana seperti 10 kali lipat dari seorang dokter gigi mengebor telinganya..

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyakit misterius yang menyerang diplomat AS dalam beberapa tahun terakhir dikait-kaitkan dengan serangan yang dilakukan unit intelijen Rusia. Dikutip dari BBC, menurut laporan The Insider, Der Spiegel, dan 60 Minutes CBS, para diplomat AS diduga menjadi sasaran sindrom Havana dari persenjataan sonik Rusia.

Meski begitu, Moskow telah membantah tuduhan tersebut. Para pejabat AS pun sebelumnya mengatakan, kecil kemungkinan pihak asing bisa disalahkan. Sebenarnya, apa itu sindrom Havana?

Baca Juga

Dilansir Time Magazine, sindrom Havana pertama kali dilaporkan oleh pejabat kedutaan Amerika Serikat di ibu kota Kuba, Havana, pada 2016. Kala itu, mereka mulai mengalami sakit kepala ekstrem dan mendengar suara menusuk pada malam hari.

Sejak kejadian tersebut, terdapat lebih dari 1.000 kasus yang dilaporkan diidap pegawai pemerintah AS di seluruh dunia. Penyebab insiden kesehatan itu telah membingungkan para pejabat AS dan membingungkan para ahli medis. Pasalnya sifat sindrom tersebut sulit dipahami dan beragamnya gejala termasuk mual, hidung berdarah, dan hilang ingatan.

 

Para peneliti di National Institutes of Health (NIH) menerbitkan penelitian pada 18 Maret 2024, yang menemukan sedikit perbedaan klinis antara pasien dengan penyakit misterius yang dikenal sebagai sindrom Havana dan kelompok pembanding yang sehat. Peneliti NIH mengamati lebih dekat otak orang-orang yang diyakini menderita sindrom Havana dan tidak menemukan bukti yang konsisten mengenai cedera otak. Serta tidak ada perbedaan signifikan antara kelompok tersebut dan kelompok pembanding yang sehat.

Dalam studi kedua, para ilmuwan melakukan serangkaian tes terhadap 86 staf pemerintah AS dan anggota keluarga yang melaporkan sindrom Havana, membandingkan mereka dengan 30 orang yang memiliki pekerjaan serupa namun tidak memiliki gejala tersebut. Hasilnya, berdasarkan sebagian besar tindakan klinis dan biomarker, otak dari kedua kelompok itu sama sehatnya. 

Meskipun terdapat spekulasi yang sudah lama beredar bahwa penyakit ini mungkin disebabkan oleh kampanye yang ditargetkan oleh musuh AS, komunitas intelijen AS mengatakan pada tahun lalu bahwa mereka tidak dapat mengaitkan kasus apa pun dengan musuh asing sehingga kecil kemungkinan bahwa penyakit yang tidak dapat dijelaskan tersebut adalah akibat dari penyakit tersebut. 

Dilansir CNN, seorang profesor mikrobiologi dan imunologi di Stanford, David Relman, berpendapat bahwa penelitian yang melibatkan pemindaian otak mungkin menunjukkan "tidak ada atau tidak ada sama sekali masalah serius" sehingga mengambil kesimpulan "ini adalah tindakan yang keliru".

Namun, penelitian sebelumnya menemukan bukti adanya kelainan. Hal yang sama juga berlaku untuk penelitian yang melakukan tes yang lebih beragam. Karena kondisinya bisa berbeda-beda pada setiap orang, dokter tidak memiliki tes khusus yang bisa menentukan secara pasti apa yang salah pada diri mereka.

“Jelas, diperlukan tes fungsi sistem saraf yang baru, sensitif, terstandarisasi, dan non-invasif, terutama yang melibatkan sistem vestibular, seperti penanda darah yang lebih spesifik untuk berbagai bentuk cedera seluler,” tulis Relman.

Pada 1 April, Kremlin menolak tuduhan penyebaran sindrom Havana.  “Topik ini telah dibicarakan di media selama bertahun-tahun. Sejak awal, hal ini paling sering dikaitkan dengan pihak Rusia,” kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, dalam konferensi pers.

“Tetapi tidak ada yang pernah mempublikasikan bukti yang meyakinkan, jadi semua ini hanyalah tuduhan yang tidak berdasar,” kata dia lagi.

Sindrom Havana ditandai dengan gejala seperti migrain, kelelahan, vertigo, kecemasan, pusing, hilang ingatan, dan gangguan kognitif. Seorang agen FBI yang menderita sindrom ini mengatakan, kepada 60 Minutes bahwa rasanya seperti 10 kali lipat dari seorang dokter gigi mengebor telinganya.

Kasus pertama

Kasus sindrom Havana pertama sindrom Havana dilaporkan di Kuba pada akhir 2016. Kala itu, petugas CIA yang ditempatkan di Kedutaan Besar AS di Havana melaporkan merasakan kelelahan luar biasa, mual, dan tekanan di kepala mereka.

Pemindaian otak menunjukkan kerusakan jaringan dan kehilangan volume, serupa dengan yang ditemukan pada sindrom gegar otak persisten. Sebagian besar staf kedutaan dievakuasi saat AS menyelidiki insiden tersebut untuk mendapatkan jawaban (kantor imigrasi AS di Havana dibuka kembali pada Agustus 2023).

Namun, penyelidikan The Insider menunjukkan kasus pertama sindrom Havana mungkin terjadi di Jerman dua tahun lebih awal dibandingkan di Havana. “Kemungkinan terjadi serangan dua tahun sebelumnya di Frankfurt, Jerman, ketika seorang pegawai pemerintah AS yang ditempatkan di konsulat di sana pingsan karena sesuatu yang mirip dengan pancaran energi yang kuat,” kata laporan itu. AS masih menyelidiki masalah ini, namun pada 2023, lima badan intelijen menetapkan bahwa sangat tidak mungkin musuh asing seperti Rusia berada di balik Sindrom Havana, bahkan sebagai produk sampingan dari dugaan aktivitas lainnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement