Sabtu 30 Mar 2024 08:25 WIB

Daftar Kebiasaan Sehari-hari yang Bantu Jaga Kesehatan Jantung 

Usahakan untuk berolahraga minimal 30 menit setiap hari untuk jaga kesehatan jantung.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Warga berolahraga di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Ahad (3/9/2023). Usahakan untuk rutin berolahraga minimal 30 menit setiap hari untuk jaga kesehatan jantung.
Foto:

Saurabh Bothra, CEO dan Instruktur Yoga Bersertifikat di Habuild mengatakan bahwa 'bom' penyakit kardiovaskular di jantung dapat 'dijinakkan' dengan menjaga kesehatan jantung. Dia juga menyarankan lima kebiasaan sehari-hari, sebagai berikut.

1. Olahraga 30-40 menit 

Olahraga memperkuat otot jantung,meningkatkan HDL (kolesterol baik), mengurangi peradangan dan menghilangkan stres. Ini berpotensi mengurangi lemak perut, yang dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. 

Hindari berolahraga berlebihan. Jika menderita tekanan darah tinggi, mulailah secara perlahan dengan olahraga intensitas rendah. Berfokuslah untuk menjadikannya kebiasaan tanpa mengorbankan kenyamanan.

2. Sertakan lemak sehat dalam makanan

Makanan kaya lemak tak jenuh dan asam lemak omega-3 mendukung kesehatan jantung. Misalnya, telur, walnuts, kacang dan biji-bijian, alpukat, flax seeds, chia seeds, minyak kacang tanah, dan lainnya.

3. Selalu periksa label kemasan

Periksa daftar bahan produk karena bisa disertakan pada olahan atau minyak sawit yang bisa membahayakan jantung. Inilah saatnya membuat pilihan dalam membeli produk dengan memperhatikan informasi label kemasan.

4. Meditasi melawan stres

Ingat, stres memicu pelepasan kortisol sehingga mengalihkan perhatian tubuh dari fungsi penting bagi kesehatan jantung.

5. Dapatkan tidur yang berkualitas

Hal ini memungkinkan jantung untuk beristirahat, pulih, dan mempertahankan fungsi optimal, sehingga berkontribusi signifikan terhadap kesehatan jantung secara keseluruhan. Menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan hanya dengan membuat pilihan gaya hidup yang tepat. Pada akhirnya, yang terpenting adalah menumbuhkan kebiasaan sehat untuk menjauhkan penyakit jantung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement