Senin 18 Mar 2024 13:10 WIB

Film Horor yang Gaet Penonton dengan Klaim Berdasarkan Kisah Nyata, Tapi Ternyata 'Bohong'

Banyak dari film horor yang ternyata tidak sesuai dengan klaimnya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan dalam film Paranormal Activity
Salah satu adegan dalam film Paranormal Activity

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernahkah Anda merasa tertipu ketika menonton film horor yang diiklankan dengan kalimat "berdasarkan kisah nyata" muncul di layar? Ternyata, banyak dari film horor yang ternyata tidak sesuai dengan klaimnya.

Dilansir laman Movieweb pada Senin (18/3/2024), berikut ini beberapa film horor yang "bohong" karena mengeklaim kisahnya berdasarkan kisah nyata:

Baca Juga

1. The Blair Witch Project (1999)

photo
Salah satu adegan dalam film horor The Blair Witch Project. - (Artisan Entertainment)

 

Sekelompok pembuat film dokumenter menghilang dalam hutan, yang meninggalkan rekaman menegangkan. Film ini dikenal sebagai film rekaman terkenal yang diiklankan sebagai kisah nyata, padahal sebagian besar cerita dan hilangnya para pemainnya hanyalah trik pemasaran. Sebagian besar cerita tersebut terbukti palsu, meskipun berdasarkan mitos Blair Witch yang terinspirasi dari Bell Witch.

2. Paranormal Activity (2007)

photo
Salah satu adegan dalam film horor Paranormal Activity 1. - (Paramount Pictures.)

 

Film ini dipromosikan sebagai rekaman terbesar yang pernah ditemukan, mengikuti pasangan yang terganggu oleh kejadian paranormal di rumah mereka. Meskipun terasa nyata, kenyataannya film ini fiksi belaka.

3. The Strangers (2008)

photo
Adegan dalam film The Strangers. - (Rogue Pictures)

 

Diklaim sebagai kisah nyata tentang serangan bertopeng di rumah, film ini menakutkan banyak orang. Film ini digembar-gemborkan sebagai kisah nyata, tetapi sebenarnya hanya didasarkan pada insiden seram masa kecil sutradara Bryan Bertino.

4. The Texas Chain Saw Massacre (1974)

photo
Salah satu adegan di film The Texas Chainsaw Massacre. - ( New Line Cinema,)

 

Berkisah tentang sekelompok remaja yang diserang oleh seorang pembunuh yang mengenakan topeng, film ini disajikan sebagai kisah nyata. Namun, inspirasinya hanya berasal dari kejahatan Ed Gein, bukan dari peristiwa sebenarnya.

5. The Haunting in Connecticut (2009)

photo
Salah satu adegan di film horor The Haunting in Connecticut. - (Dok. Lionsgate.)

 

Sebuah keluarga pindah ke rumah baru mereka, hanya untuk menemukan keberadaannya dihantui oleh roh jahat. Meskipun klaim bahwa film ini didasarkan pada kejadian nyata, kisah tersebut sebenarnya diperdebatkan oleh banyak pihak.

Kenyataannya, sebagian besar film horor tersebut hanya mengambil inspirasi dari cerita-cerita terkenal atau mitos urban, dan tidak memiliki hubungan langsung dengan kenyataan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement