Kamis 14 Mar 2024 14:46 WIB

Ini Lima Sutradara Pemenang Oscar pada Abad 21, Mana yang Terbaik?

Beberapa sutradara sudah beberapa kali masuk nominasi Oscar.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Martin Scorsese tiba di Oscar pada ahad, 10 Maret 2024, di Teater Dolby di Los Angeles.
Foto:

3. Alfonso Cuaron - Roma (2018)

Alfonso Cuarón tidak membuat banyak film, tapi ketika dia melakukannya, kerap melekat di ingatan. Roma bersifat pribadi sampai pada tahap terapi karena Cuarón benar-benar menciptakan kembali rumah masa kecilnya dan meminta para aktor memerankan kembali kenangan yang sangat spesifik dari masa kecilnya.

Upaya tersebut tidak menjadi proyek sia-sia. Sebaliknya, efeknya terasa hampir eksperimental atau progresif, karena fotografi hitam-putih definisi ultra-tinggi Cuarón tidak mengingat kembali kenangan. Sutradara saga Harry Potter ini memunculkannya dalam bentuk utuh, agar semua orang dapat melihat, mendengar, dan merasakannya secara luas saat menonton. 

4. Kathryn Bigelow - The Hurt Locker (2009)

Lebih dari 10 tahun sejak Kathryn Bigelow menjadi wanita pertama yang memenangkan Oscar untuk Sutradara Terbaik, kemenangannya masih dianggap sebagai salah satu keputusan paling berani di Oscar. Keahlian teknis James Cameron dalam Avatar memang ikonik, tetapi yang mengejutkan banyak orang, Bigelow menarik kemenangan yang memengaruhi potret PTSD selama Perang Irak. Ini adalah bukti dari pembuatan film Bigelow bahwa The Hurt Locker unggul dalam film thriller yang menegangkan dan kronik provokatif tentang kehidupan para prajurit.

5. Ang Lee - Life of Pi (2012)

Ang Lee mengalahkan Steven Spielberg di Oscar 2013. Meskipun kehebatan teknis sutradara Brokeback Mountain ini dalam memadukan lingkungan dan karakter CG dengan pemeran utama live-action-nya, jelas menjadikan Life of Pi, sebagai sebuah tontonan yang patut disaksikan.

 

Pada tahun 2012, film laris yang berbasis CG menjadi semakin lazim, dan Lee tentu saja melakukan pekerjaan luar biasa dalam menghidupkan Life of Pi dengan teknologi mutakhir. Tontonan visual yang ia hasilkan benar-benar menakjubkan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement