Kamis 14 Mar 2024 17:39 WIB

Pasien TB Tetap Harus Minum Obat Saat Ramadhan

Pasien TB perlu cukup minum, apalagi bila ada keluhan batuk.

Warga melakukan rontgen toraks paru saat pelaksanaan layanan keliling deteksi tuberkulosis (TBC) di UPT Pukesmas Belawan, Medan, Sumatera Utara, Jumat (1/12/2023).  Pemerintah Kota Medan bekerja sama dengan rumah sakit daerah setempat menggelar layanan keliling deteksi TBC gratis bagi warga Kota Medan dengan tujuan siaga terhadap penyakit menular seperti TB dan HIV.
Foto:

Berdasarkan Global TB Report tahun 2021, diperkirakan terdapat ada 824 ribu kasus TB di Indonesia. Sementara itu, pasien yang ditemukan, diobati, dan dilaporkan ke dalam sistem informasi nasional sekitar 393.323 (48 persen).

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan mengatakan TB masih menjadi masalah kesehatan yang utama di Indonesia dan global. Penyakit ini menjadi satu dari 10 penyebab utama kematian dunia.

Indonesia adalah negara dengan beban TB peringkat ke-3 tertinggi setelah India dan China. Indonesia berkomitmen untuk mencapai eliminasi TB pada tahun 2030 dengan target angka insiden 65 per 100 ribu penduduk dengan angka kematian 6 per 100 ribu penduduk.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement