Rabu 07 Feb 2024 00:05 WIB

Waspada, Rokok dan Vape Bisa Picu Kanker Laring

Kanker laring dikenal juga dengan istilah kanker pita suara.

Perempuan memegang lehernya (ilustrasi). Ada beberapa hal yang bisa memicu kanker laring.
Foto:

Dalam kesempatan tersebut, dr Marlinda menyampaikan sejumlah hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan pita suara agar terhindar dari penyakit itu. Yang pertamaadalah dengan membersihkan rongga mulut dengan natrium klorida atau larutan garam.

"Yang kedua menjaga kebersihan rongga mulut kita, ya. Menjaga kebersihan gigi geligi, kemudian rongga mulut kita ya. Sikat gigi, kumur-kumur," ujar dia.

Yang ketiga adalah untuk segera berobat apabila punya GERD atau asam lambung. Dia menjelaskan bahwa asam lambung yang naik dapat membuat iritasi pita suara.

Selain itu, dr Marlinda menyarankan untuk tidak terlalu sering mengonsumsi makanan yang terlalu panas atau dingin, karena hal tersebut juga dapat membuat iritasi dan inflamasi pada saluran pernafasan. Kemudian coba kurangi konsumsi hal yang bersifat karsinogenik (dapat memicu kanker), seperti rokok dan minuman dalam kemasan.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement