Selasa 06 Feb 2024 10:23 WIB

Jadi Opsi Perawatan Paliatif Kanker, Akupunktur Bermanfaat untuk Apa Saja?

Pasien kanker stadium akhir biasanya mendapatkan tindakan paliatif.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Akupunktur dapat menjadi salah satu alternatif untuk perawatan paliatif kanker.
Foto:

Peran Akupunktur Sebagai Metode Terapi paliatif

Akupunktur medik merupakan suatu modalitas terapi dengan memasukkan jarum halus pada titik-titik tertentu di permukaan kulit untuk mengatasi nyeri dan mengobati berbagai kondisi kesehatan tertentu. Praktikknya dilakukan berdasarkan pengetahuan anatomi, fisiologi, dan patologi sesuai prinsip evidence based medicine (EBM).

"Akupunktur dapat berperan dalam terapi paliatif kanker untuk mengatasi nyeri dan mengurangi berbagai gejala serta efek samping yang timbul akibat pengobatan kanker itu sendiri, kemoterapi radioterapi, dan sebagainya," kata dr Handaya yang juga praktik di RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Banten.

Akupunktur dapat dipertimbangkan sebagai pilihan pengobatan paliatif yang efektif dan aman untuk pasien kanker. Secara umum, terapi akupunktur dilakukan rutin dalam satu seri (12 kali terapi), sebanyak satu hingga dua kali per pekan.

Tentunya, jumlah ini tidak dapat disamakan antara satu pasien dengan pasien lainnya. Sebelum memulai terapi akupunktur, pasien sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang merawat dan dokter spesialis akupunktur medik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement