Selasa 08 Feb 2022 20:24 WIB

Akupunktur Bisa Jadi Alternatif untuk Mencerahkan Wajah, Sakit Nggak Ya?

Akupunktur dapat membantu membuat wajah lebih glowing.

Akupunktur kecantikan. Akupunktur dapat membuat wajah lebih cerah dan membantu mengatasi jerawat.
Foto: EPA/Mark
Akupunktur kecantikan. Akupunktur dapat membuat wajah lebih cerah dan membantu mengatasi jerawat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARNEGARA -- Teknik akupunktur bisa menjadi salah satu alternatif bagi siapapun yang mendambakan wajah cerah (glowing). Praktisi akupunktur dr Syarif Hadi menjelaskan, kurang cerahnya wajah disebabkan berbagai macam faktor.

"Bisa karena aliran darah di wajah tidak lancar, energi chi kurang mengalir dengan baik, atau lainnya dan untuk memperlancar aliran darah di wajah itu salah satunya dapat menggunakan akupunktur," katanya di Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (8/2/2022).

Baca Juga

Syarif mengatakan, akupunktur merupakan sebuah perawatan kesehatan dari China. Biasanya, akupuntur dipilih sebagai alternatif dari perawatan medis.

Menurut Syarif, cara yang digunakan dalam akupunktur terbilang unik karena dilakukan dengan menusukkan jarum pada titik-titik tubuh tertentu. Dalam akupunktur kecantikan, jarum salah satunya ditusukkan pada titik pertemuan otot, sehingga menyebabkan peradangan lokal yang nantinya mampu membuat relaksasi pada otot.

 

"Itu berfungsi untuk mengurangi dampak penuaan dari sisi kerutan pada wajah serta melancarkan peredaran darah," tutur dokter yang praktik di Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara itu.

Demikian pula penusukan pada jerawat. Prosedur itu ditujukan untuk membuat peradangan di titik jerawat agar melancarkan aliran darah, oksigen, dan energi.

Kendati demikian, Syarif menjelaskan dalam penanganan jerawat, penusukan bukan hanya di titik jerawat. Ada pula di area kaki dan tangan.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement