Jumat 10 Feb 2023 00:04 WIB

Suhu Kamar Terbaik yang Pas untuk Tidur Nyenyak

Mengatur suhu kamar yang pas bisa membantu Anda tidur nyenyak.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Suhu kamar terbaik yang sempurna untuk tidur nyenyak. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Suhu kamar terbaik yang sempurna untuk tidur nyenyak. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi Anda sulit tidur. Padahal rutinitas pagi terus ada sehingga Anda harus tidur pada waktunya. Salah satu trik sederhana yang dapat Anda lakukan adalah mengatur suhu kamar.

Menurut pakar tidur Max Stevens dari Checklist, mengatur suhu kamar yang pas bisa membantu Anda tidur. Salah satu pengguna Tiktok membuktikan bahwa cara tersebut terbukti ampuh.

Baca Juga

Salah seorang pengguna @Bobbbaaaaay, merekomendasikan suhu kamar antara 18 hingga 20 derajat Celsius. Max menyebut tubuh membutuhkan lingkungan yang sejuk untuk tertidur.

“Menjaga suhu antara 18 hingga 20 derajat Celsius adalah suhu yang sempurna untuk kualitas tidur," kata dia dikutip dari Daily Records, Kamis (9/2/2023).

Menurut dia, suhu yang lebih dingin atau lebih panas, dapat memengaruhi suhu internal tubuh. "Ini adalah salah satu alasan utama mengapa banyak orang sulit tidur di waktu-waktu yang hangat,” ujar Max.

Sementara itu, dr Eileen yang terkenal karena tip akupuntur dari Tiktok, menyarankan untuk memijat titik-titik tekanan tubuh menjelang. Cara ini dapat membantu tubuh rileks.

Pertama, Anda diminta untuk mengepalkan tangan tidak diikuti dengan ibu jari. Lalu, perhatikan jari kelingking dan jari tengah yang menyentuh telapak tangan Anda. Titik saat jari kelingking menyentuh telapak tangan dikenal sebagai titik jantung.

Sedangkan titik saat jari tengah menyentuh telapak adalah titik perikardial. Kemudian Anda harus memijat titik-titik ini masing-masing selama 30 detik dan ulangi tiga kali dengan tangan lain. Cara ini akan membuat Anda tertidur.

Max mengatakan tidak ada studi yang menyebut cara akupuntur tidak membantu. Menurut Max, teknik akupuntur bisa membantu beberapa orang.

“Meskipun memijit titik-titik tekanan memiliki efek pada jantung tidak diketahui, saya dapat melihat ini bekerja karena akan membuat Anda rileks dan mengosongkan pikiran saat Anda melakukan gerakan kecil yang pada gilirannya akan membuat Anda mengantuk,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement