Rabu 08 Feb 2023 11:18 WIB

Hindari Serangan Jantung Ketika Tidur, Begini Cara Ampuh Mencegahnya

Para ahli menyarankan untuk mengikuti langkah pencegahan serangan jantung saat tidur.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Cara mencegah serangan jantung saat tidur. (ilustrasi)
Foto: Foto : MgRol_92
Cara mencegah serangan jantung saat tidur. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Serangan jantung bisa menyerang ketika seseorang sedang tidur. Para ahli menyarankan untuk mengikuti langkah-langkah pencegahan tertentu untuk menghindari terjadinya hal tersebut.

Direktur Kardiologi Intervensi Fortis Hospital, India, dr Keshava R menyarankan Anda untuk menjaga gaya hidup sehat, termasuk makan makanan sehat, berolahraga teratur, tidak merokok, dan mengelola kondisi kesehatan kronis seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. “Penting juga untuk mengatasi gangguan tidur dan tidur yang cukup secara teratur,” ujarnya seperti dikutip dari laman Indian Express, Rabu (8/2/2023).

Baca Juga

Head of Medical Affairs, South Asia, ResMed, dr Sibasish Dey mengatakan, terlepas dari apakah kesehatan kardiovaskular Anda dalam kondisi prima, tidur malam yang nyenyak sangatlah penting. “Tingkat energi, kemampuan berpikir jernih, dan kesehatan secara keseluruhan meningkat dengan tidur,” ujarnya.

Tips mencegah serangan jantung saat tidur:

1. Terapkan teknik relaksasi

Beberapa metode yang bermanfaat untuk orang termasuk pernapasan dalam, yoga, peregangan lembut, dan meditasi perhatian.

2. Terlibat dalam aktivitas fisik secara teratur

Olahraga secara teratur membantu orang tidur lebih nyenyak pada malam hari. Namun sebaiknya olahraga tidak dilakukan sesaat sebelum tidur.

3. Tetapkan jadwal tidur teratur

Salah satu pendekatan paling efektif untuk mendorong tidur nyenyak adalah menjaga waktu tidur dan bangun yang sama setiap hari.

4. Mendiagnosis gangguan tidur

Orang yang mengalami masalah tidur khas seperti apnea tidur obstruktif atau insomnia jauh lebih mungkin mengalami aritmia jantung, penumpukan plak, gagal jantung, dan penyakit arteri koroner dibandingkan populasi umum. Mendiagnosis gangguan dan mengelola gangguan sangat penting untuk meningkatkan kualitas tidur.

5. Dapatkan sinar matahari yang cukup

Sinar matahari menyebabkan tubuh membuat melatonin, hormon alami yang membantu menjaga siklus tidur-bangun Anda tetap teratur. Seseorang harus menghindari "cahaya buatan" yang berasal dari gawai, terutama pada jam-jam sebelum tidur.

6. Minimalisasi stimulan yang mengganggu tidur

Alkohol, makanan tinggi lemak atau gula, dan kafein harus dicegah pada malam hari karena dapat mengganggu tidur. Penggunaan perangkat elektronik secara berlebihan juga dapat mengganggu tidur.

7. Mengelola kecemasan dan stres

Stres dapat membuat Anda sulit tidur. Individu akan memiliki kemampuan untuk tidur lebih nyenyak ketika mereka produktif dan optimis.

8. Ciptakan ruang tidur yang nyaman

Pastikan ruangan gelap dan tenang, memiliki suhu yang nyaman, dan memenuhi tuntutan suhu dan kenyamanan

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement