Senin 29 Jan 2024 18:58 WIB

VCHA, Era Baru K-Pop Global yang Anggotanya Bukan Berasal dari Korea

VCHA merupakan grup K-pop yang lahir dari Seri kompetisi A2K.

Rep: Rahma Sulistya      / Red: Friska Yolandha
Grup VCHA
Foto:

Kendall, penduduk asli Texas, menyadari keberagaman yang mereka wakili dan peluang untuk menjadi contoh. “‘Girls of the Year’ adalah sebuah pernyataan yang luar biasa, namun bagi kami, inu benar-benar berarti menjadi sebuah grup atau seseorang yang dapat dibanggakan oleh orang lain,” kata remaja berusia 17 tahun ini.

“Sejujurnya, bisa mewakili komunitas yang berbeda merupakan suatu kehormatan karena kami semua memiliki budaya atau kebangsaan yang kami anut saat tumbuh dewasa, dan mereka memberikan pengaruh yang besar dalam kehidupan kami. Jadi, agar kami bisa tumbuh menjadi orang yang berguna bagi orang lain, itulah arti 'girls of the year' bagi kami,” ucap dia lagi.

VCHA bekerja sama dengan para penandatangan Republic Records seperti Taylor Swift, TWICE, Ariana Grande, Stray Kids, dan ITZY yang semuanya disebut-sebut sebagai inspirasi berbeda bagi mereka.

VCHA akan tampil di konser yang akan digelar di stadion yang akan diadakan oleh rekan satu label mereka di JYP/Republic, TWICE, di Las Vegas, Mexico City, dan São Paulo. Itu menjadi sesuatu yang mereka impikan terutama bagi anggota termuda, Kaylee, yang mengatakan bahwa TWICE adalah artis pertama yang ia ingat sejak kecil.

“Saya tidak bisa mengatakan bahwa saya gugup atau gembira karena saya tidak berpikir hal itu benar-benar akan terjadi. Rasanya seperti mimpi dibandingkan sesuatu yang akan kami tampilkan di panggung pembuka TWICE. Rasanya sangat tidak nyata untuk bisa melakukan hal seperti ini di awal karier kami,” kata penyanyi berusia 14 tahun itu.

Faktanya, konser K-pop biasanya tidak memiliki aksi pembuka, hal ini menandai cara lain VCHA mengubah formula sistem dengan mengambil contoh dari pedoman barat. “Ini adalah sesuatu yang tidak terduga. Kami merasa sangat tersanjung bisa melakukan sesuatu yang sebenarnya belum dimulai,” kata Lexi.

Untuk diketahui, JYP Entertainment selalu memberi gebrakan dalam dunia K-pop. Mulai dari Wonder Girls yang menjadi artis K-pop pertama yang memecahkan Billboard Hot 100, hingga artis seperti TWICE dan ITZY yang membuat terobosan dengan kesepakatan label AS dan tur arena.

Lalu ditambah dengan grup Jepang NiziU yang memiliki single No. 1 di Japan Hot 100 setiap tahun sejak debut mereka pada 2020. JYP Entertainment telah memenuhi tagline perusahaannya sebagai ‘pemimpin dalam dunia hiburan’ dengan pedoman ketat untuk berkencan, diet, keterlibatan media, dan banyak lagi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement