Rabu 24 Jan 2024 17:10 WIB

Apakah BTS Bubar Usai Wamil? Jungkook Beri Kode Tersembunyi

Suga mengatakan selama penggemar terus mendukung, BTS akan terus maju.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
 Anggota boy band Korea Selatan BTS.
Foto: EPA-EFE/KIM HEE-CHUL
Anggota boy band Korea Selatan BTS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lautan light stick ungu. Tiket berkapasitas stadion terjual habis. Sebuah fandom yang tak tertandingi dalam ukuran dan loyalitas. BTS telah menjadi sebuah fenomena yang ingin dirangkul oleh industri musik di tahun-tahun mendatang dan seterusnya.

Namun pertanyaan krusial tetap ada, ketika semua anggota Jin, J-Hope, Jimin, Jungkook, Taehyung, RM, dan Suga saat ini bertugas di militer, apakah BTS siap menghadapi apa yang menanti mereka setelah reuni di 2025?

Baca Juga

Dari 2018 hingga 2023, BTS mendefinisikan ulang dominasi musik global. Kini, di tengah-tengah wajib militer (wamil) mereka, ada jeda singkat yang terasa. Akankah mereka terus melambung ke level baru setelah bersatu kembali? Keingintahuan seputar masa depan grup ini dibahas dalam serial dokumenter BTS Monuments: Beyond The Star.

Selama penggemar terus mendukung mereka, grup ini akan terus maju. Ini dikatakan Suga BTS dalam episode delapan serial dokumenter mereka. Penyanyi “Daechwita” itu terdengar mengatakan ingin memberikan penampilan yang lebih hebat lagi.

“Kami ingin menampilkan penampilan yang hebat, dan sangat menyenangkan ketika kami bertemu Army. Saya rasa kami dapat melakukannya 10 tahun lagi hanya karena alasan itu saja,” ucap Suga.

Meskipun tidak biasa bagi grup K-pop mana pun untuk mempertahankan karir selama 20 tahun, tidak mengherankan jika pemecah rekor BTS sendiri yang menetapkan tonggak sejarah luar biasa ini untuk disaksikan dunia.

“Saya selalu berharap BTS dapat tetap menjadi tim dan tetap sehat, apa pun yang menanti kita. Saya percaya, langkah BTS selanjutnya adalah menjaga segala sesuatunya tetap berjalan apapun yang terjadi dan apapun prosesnya, saya yakin akan sangat berarti dan luar biasa jika kita tetap bersatu,” ucap J-Hope menimpali.

“BTS ada, dan saya ada di dalam BTS. Jadi, saya sangat ingin melanjutkan hidup kita bersama untuk waktu yang lama,” ucap Jimin.

Belakangan, RM menekankan bahwa para anggota terus mendukung satu sama lain, berjanji untuk tetap bersama apa pun yang terjadi. Dia mengungkapkan, dia merasa sangat beruntung bisa mengenal enam anggota BTS lainnya.

“Saya merasa sangat beruntung memiliki enam anggota lain yang dapat berbagi kekhawatiran dan masalah saya secara terbuka,” ungkap RM.

Dan Jungkook memberi kesimpulan seolah mengisyaratkan masa depan BTS masih akan berlanjut. “Saya harap ada masa depan baru di depan kita,” kata Jungkook.

Untuk diketahui, anggota tertua Jin akan kembali dari militer pada Juni 2024, diikuti oleh J-Hope pada September, dan kemudian Suga. Pelantun “The Moon” tersebut kabarnya sedang mengerjakan single solonya yang lain, yang akan dirilis setelah ia kembali.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement