Sabtu 10 Feb 2024 11:00 WIB

Grup K-pop Gen 1 Terbaik Versi Penggemar, Ada Favoritmu?

Sebagian grup K-pop dari generasi pertama masih bersinar dan memiliki penggemar loyal

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Grup K-pop Shinhwa.
Grup K-pop Shinhwa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah hadirnya banyak grup K-pop baru dan berbakat, pesona grup K-pop dari generasi pertama tampaknya tak benar-benar pudar. Bahkan, sebagian grup K-pop dari generasi pertama masih bersinar dan memiliki penggemar loyal yang terus mendukung mereka.

Belum lama ini, popularitas grup K-pop dari generasi pertama kembali menjadi pembahasan berkat laman hiburan populer Brasil, Dabeme. Melalui akun X resmi mereka, Dabeme membuat sebuah jajak pendapat untuk mengetahui grup K-pop generasi 1 yang paling populer di antara penggemar.

Dabeme menghadirkan 50 nama grup K-pop sebagai nominee dalam jajak pendapat tersebut. Dari jajak pendapat ini, terpilih 10 grup K-pop generasi pertama yang terbaik versi penggemar.

Di urutan keenam sampai kesepuluh ada grup Seo Taiji and Boys, BABY V.O.X, Fin.K.L, g.o.d, serta Fly To The Sky. Berikut ini adalah grup K-pop generasi pertama yang berhasil masuk ke dalam peringkat lima besar, seperti dilansir Koreaboo pada Sabtu (10/2/24).

1. Sech Kies

Grup K-pop  Sech Kies terdiri atas enam orang anggota saat memulai debutnya pada 5 April 1997 di bawah naungan DSP Entertainment. Mereka adalah salah satu grup idol paling pertama yang dibentuk dalam industri hiburan Korea. Mereka resmi berpisah pada 2000 sebelum kembali aktif sebagai grup pada 2016 di bawah naungan YG Entertainment.

Per 2020, Sech Kies melakukan comeback dengan empat orang anggota. Per Januari 2024, profil Sech Kies telah dihapus dari laman YG Entertainment yang mengindikasikan bahwa Sech Kies  tak lagi berada di bawah naungan label tersebut.

2. Shinhwa

Shinhwa merupakan grup K-pop pria dengan masa aktif paling lama dalam sejarah K-pop. Grup beranggotakan enam orang ini mulai melakukan debut pada 1998 dan masih aktif hingga saat ini.

Saat kontrak mereka dengan SM Entertainment hampir habis, label tersebut menawarkan perpanjangan kontrak kepada semua anggota kecuali Dongwan. Alih-alih memutuskan untuk terus berkarier dengan SM Entertainment tanpa Dongwan, seluruh anggota Shinhwa memutuskan untuk mengakhiri kontrak dengan SM dan melanjutkan karier dengan formasi utuh dengan label Good Entertainment.

Lanjut ke halaman berikutnya....

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement