Jumat 26 Jan 2024 13:55 WIB

Mengenal Kelainan Tulang Hidung yang Ada pada Manusia

Hidung ialah salah satu bagian tubuh yang belum tentu mengikuti ukuran standar apapun

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Hidung (ilustrasi)
Foto:

Kubah tulang memiliki banyak fungsi perlindungan yang penting. Tulang-tulang hidung membentuk langit-langit , sedangkan proses frontal tulang rahang atas dan lakrimal membentuk sisi hidung.

Di mana tulang rahang atas dan tulang lakrimal terhubung, alur lakrimal terbentuk. Alur ini adalah tempat kantung lakrimal berada. Kantung lakrimal penting dalam proses produksi air mata. 

Saraf etmoidalis anterior berjalan di bawah perlindungan tulang-tulang hidung. Beberapa arteri juga melewati kubah tulang. 

Sebagai bagian terkeras di rongga hidung, tulang-tulang hidung melindungi arteri-arteri dan saraf-saraf ini dari kerusakan. Karena tulang-tulang hidung adalah bagian hidung yang paling kuat, tulang-tulang hidung tidak hanya menampung arteri-arteri dan saraf-saraf, tetapi juga menopang septum hidung Anda. 

Di sisi lain, tulang-tulang hidung merupakan tulang-tulang wajah yang paling sering mengalami patah pada anak kecil. Sebagian besar cedera bersifat ringan dan terjadi terkait dengan kecelakaan mobil, kontak olahraga, jatuh (paling sering terjadi pada anak-anak), perkelahian (paling umum secara umum), dan angkat berat. 

Anak-anak kurang rentan terhadap patah hidung karena mereka memiliki proporsi tulang rawan di hidung yang lebih besar dibandingkan orang dewasa. Patah tulang hidung juga bisa terjadi dengan komplikasi-komplikasi lain karena terganggunya saraf dan suplai darah di area tersebut. 

 

Tulang-tulang hidung juga berdekatan dengan struktur wajah lainnya, sehingga benda tumpul yang menyebabkan patah tulang hidung juga dapat menyebabkan cedera yang lebih parah termasuk trauma pada tulang etmoid dan tulang orbital Anda. Tulang etmoid Anda memisahkan rongga hidung dari otak Anda, sementara tulang orbital mengelilingi mata Anda. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement