Jumat 26 Jan 2024 13:55 WIB

Mengenal Kelainan Tulang Hidung yang Ada pada Manusia

Hidung ialah salah satu bagian tubuh yang belum tentu mengikuti ukuran standar apapun

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Hidung (ilustrasi)
Foto: Freepik
Hidung (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang pemilik akun X mengirimkan pertanyaan tentang kelainan janin di menfess Tanyarlfes, @tanyarlfes. Di tangkapan layar video tersebut terlihat janin yang mengalami kelainan nasal bone. 

Kemudian ada tulisan di tangkapan layarnya: “Kalau di dalam kandungan ternyata baby bunda kelainan nasal bone apa yang bunda lakukan?? Mempertahankan atau terminasi??”

Baca Juga

“CW // TIKTOK / KELAINAN. Gais mau tanya, klo bayi kelainan gini, trs terminasi, dosa nggak sih? Aku nangis liat ini, kasian bayinya udah berbentuk, tapi kelainan. Klo di perjuangin, hidupnya pasti berat. ya Allah adikk, hidupmu berat sejak bayi,” tulis pengirim menfess, dikutip dari akun Tanyarlfes, Jumat (26/1/2024).  

Anda mungkin bertanya-tanya apa itu nasal bone. Tulang-tulang hidung (nasal bones) adalah dua bagian lonjong yang bertemu membentuk batang hidung. Jahitan nasofrontal, yaitu sendi fibrosa kaku yang menghubungkan kedua bagian tulang hidung, merupakan bagian hidung yang paling tebal.

 

Tulang-tulang hidung bersama dengan proses frontal rahang atas membentuk salah satu dari tiga kubah hidung, yang dikenal sebagai kubah tulang. Karena area hidung ini paling tebal, area ini digunakan untuk menopang struktur-struktur hidung lainnya seperti septum hidung. 

Dilansir Very Well Health, Kamis (18/1/2024), hidung merupakan salah satu bagian tubuh yang belum tentu mengikuti ukuran standar apa pun. Meskipun secara fisik Anda mungkin berhenti bertambah tinggi selama masa-masa remaja, hidung Anda tidak berhenti tumbuh sepanjang hidup Anda. Walaupun hidung relatif kecil dibandingkan dengan bagian-bagian tubuh lainnya, ada banyak aspek berbeda yang menjadi bagian yang membedakan wajah Anda.

Kubah atas hidung Anda, atau kubang tulang, sebenarnya adalah satu-satunya bagian hidung yang bertulang. Dua kubah lainnya di ujung hidung sebenarnya terbuat dari tulang rawan.

Tulang-tulang hidung, bersama dengan proses frontal tulang rahang atas membentuk kubah tulang, merupakan bagian paling tebal dari hidung Anda. 

Di bagian atas tulang-tulang hidung, di sepanjang jahitan nasofrontal, tulang-tulang hidung bertemu dengan tulang frontal tengkorak Anda. Titik ini disebut nasion. 

Rhinion adalah tempat bertemunya kubah tulang dengan kubah tulang rawan, yang berada di sisi berlawanan dari tulang-tulang hidung (ke arah ujung hidung.) Ini adalah area hidung Anda yang memiliki jumlah kulit paling tipis di hidung Anda. 

Bagian atas kubah tulang, yang berada di lekukan hidung di antara alis, dikenal sebagai radix. Radix penting karena sudut area ini menentukan apakah hidung Anda terlihat memanjang atau pendek. 

Kubah tulang memiliki banyak fungsi....

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement