Kamis 25 Jan 2024 22:28 WIB

Ingin Konsentrasi Anak Meningkat? Ini Kuncinya Menurut Dokter Tan Shot Yen

Anak memerlukan asupan makanan bergizi dan cukup tidur.

Anak mempraktikkan cara membuat makanan sarapan (Ilustrasi). Anak butuh makanan bergizi dan cukup tidur agar konsentrasinya meningkat di sekolah.
Foto:

Dokter Tan menjelaskan lauk pauk bisa dengan menggunakan menu sederhana dan murah, contohnya telur. Sebab, makanan ini mengandung banyak manfaat bagi anak usia sekolah.

Manfaat telur di antaranya adalah meningkatkan kecerdasan, membantu pertumbuhan otot dan tulang, memberi rasa kenyang lebih lama, hingga membantu sebagai kontrol asupan kalori sehari-hari. Dokter Tan mengingatkan para siswa juga harus menghindari makanan yang tinggi gula, garam, serta lemak, dan lebih baik mengonsumsi sumber aslinya.

"Lebih baik mengonsumsi sumber aslinya, sehingga yang kita konsumsi adalah karbohidrat, bukan gula, karena badan kita akan memecah karbohidrat menjadi gula darah sehingga tidak perlu menambah gula olahan," kata dr Tan.

Sementara itu, tidur cukup berguna agar siswa memiliki kemampuan konsentrasi yang tinggi. Mereka harus beristirahat dengan waktu kurang lebih tujuh jam dalam sehari.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement