Kamis 25 Jan 2024 22:15 WIB

Jangan Sampai Sakit, Ini Lima Kunci Keamanan Pangan

Menjaga keamanan pangan penting untuk kesehatan.

Memasak (ilustrasi). Memasak pangan dengan tepat penting karena dapat membunuh mikroba patogen.
Foto: Republika/Prayogi
Memasak (ilustrasi). Memasak pangan dengan tepat penting karena dapat membunuh mikroba patogen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada lima kunci utama untuk menjaga keamanan pangan. Apa sajakah itu?

Berikut penjelasan dari anggota Unit Kerja Koordinasi (UKK) Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI dr. Yoga Devaera, Sp.A(K) dalam diskusi daring mengenai food estate yang diselenggarakan Ikatan Dokter Anak Indonesia, Kamis (25/1/2024).

Baca Juga

Jaga Kebersihan

Meski kebanyakan mikroba tidak menyebabkan gangguan kesehatan, namun mikroba patogen tersebar luas di tanah, air, hewan, dan manusia. Mikroba ini terbawa oleh pangan, serbet, dan peralatan terutama pada talenan yang dapat mencemari pangan dan menyebabkan penyakit.

Pisahkan Pangan Mentah dari Pangan Matang

Pangan mentah, terutama daging sapi, daging unggas, seafood, dan cairan yang ditimbulkan dapat mengandung mikroba patogen yang dapat mencemari pangan lainnya selama pengolahan dan penyimpanan.

Memasak Pangan dengan Tepat

Memasak pangan dengan tepat penting karena dapat membunuh mikroba patogen. Pangan yang dimasak dengan suhu internal 70 derajat Celsius dapat memberikan kepastian pangan aman untuk dikonsumsi. Pangan yang benar-benar harus diperhatikan adalah daging, terutama daging cincang, daging panggang utuh, dan potongan daging besar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement