Jumat 26 Jan 2024 15:42 WIB

Rawan Stunting, Perhatikan Pertumbuhan Bayi di Usia 6-11 Bulan dan 12-23 Bulan

Stunting pada balita disebabkan oleh rendahnya asupan makanan sumber protein hewani.

Seorang ibu menyuapi bayi. Bayi membutuhkan Makanan Pendamping ASI (MPASI) begitu berusia enam bulan.
Foto: Mahmud HAMS / AFP
Seorang ibu menyuapi bayi. Bayi membutuhkan Makanan Pendamping ASI (MPASI) begitu berusia enam bulan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Lovely Daisy mengatakan salah satu fase penting untuk mencegah stunting pada balita adalah setelah masa kelahiran. Fase tersebut utamanya saat bayi berusia 6-11 bulan dan 12-23 bulan.

Daisy mengemukakan di fase tersebut terjadi lonjakan potensi stunting hingga 1,6 kali lipat. Sebanyak 13,7 persen kasus stunting terjadi saat anak berusia 6-11 bulan dan 22,4 persen saat anak berusia 12-23 bulan.

Baca Juga

"Kalau kita ingin menurunkan stunting, upaya pencegahan pada fase ini harus diperkuat," kata Daisy dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (26/1/2024).

Daisy mengingatkan bayi membutuhkan Makanan Pendamping ASI (MPASI) begitu berusia enam bulan. Sebab, di usia tersebut, air susu ibu (ASI) saja sudah tidak cukup.

"Jadi, MPASI ini untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi-bayi kita," katanya.

Daisy mengatakan, salah satu zat gizi yang harus ada dalam pemberian MPASI adalah protein hewani seperti daging, ikan, ayam, dan telur. Alasannya, karena pangan hewani mempunyai kandungan zat gizi yang lengkap, kaya protein, dan vitamin yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak.

"Protein hewani mengandung asam amino esensial lengkap yang dapat membantu untuk pertumbuhan," ucapnya.

Hal ini, menurut Daisy, diperkuat dengan riset di 49 negara pada 130.432 anak berusia 6-23 bulan yang menunjukkan bahwa stunting pada balita disebabkan oleh rendahnya asupan makanan sumber protein hewani. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa konsumsi protein hewani yang beragam terbukti dapat menurunkan risiko terjadi stunting dibandingkan hanya konsumsi satu jenis makanan sumber protein hewani.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement