Kamis 25 Jan 2024 16:19 WIB

Kemenkes: Rendahnya Asupan Protein Hewani Sebabkan Stunting pada Anak

Sumber protein hewani yang berbeda bertujuan untuk melengkapi asam amino pada anak.

Sejumlah siswa mengikuti kegiatan gerakan makan telur dan minum susu di Kota Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (25/11/2023). Ragam protein hewani penting untuk cegah stunting.
Foto: ANTARA FOTO/Henry Purba
Sejumlah siswa mengikuti kegiatan gerakan makan telur dan minum susu di Kota Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (25/11/2023). Ragam protein hewani penting untuk cegah stunting.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Gizi dan Kesehatan Ibu Anak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Lovely Daisy mengatakan rendahnya asupan protein hewani dapat menyebabkan stunting pada anak. Untuk itu, anak perlu diberikan asupan protein hewani yang cukup demi pertumbuhan maksimal.

"Berdasarkan riset di 49 negara yang dilakukan pada 130.000 anak usia 6-23 bulan ini, ditemukan bahwa stunting pada balita disebabkan oleh rendahnya asupan makanan sumber protein hewani," katanya pada temu media dalam memperingati Hari Gizi Nasional di Jakarta, Kamis (25/1/2024).

Baca Juga

Untuk mengurangi risiko stunting, Daisy menekankan protein hewani yang harus dikonsumsi pada anak dalam kurun usia tersebut juga merupakan protein hewani yang bersumber dari berbagai sumber, seperti daging merah, telur, ikan, dan ayam.

Sumber protein hewani yang berbeda, kata dia, bertujuan untuk melengkapi jenis asam amino esensial yang dibutuhkan pada saat anak mengalami masa emas tumbuh kembangnya yang juga terjadi dalam kurun waktu tersebut.

"Kita tekankan di sini adalah pentingnya protein hewani, karena protein hewani ini mengandung asam amino esensial yang bisa membantu untuk perlindungan dari berbagai jenis penyakit," ujarnya.

Untuk itu, Daisy menyebutkan pemenuhan konsumsi protein pada anak berusia 6-23 tahun dapat diintervensi melalui Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI), karena pada waktu tersebut, ASI sudah tidak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi anak.

MPASI, kata dia, memiliki banyak fungsi, beberapa di antaranya adalah untuk memenuhi makronutrisi dan mikronutrisi anak seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. 

Untuk menunjang hal tersebut, Daisy mengemukakan Kemenkes melakukan sejumlah upaya guna meningkatkan cakupan ASI eksklusif dan MPASI, beberapa di antaranya adalah dengan mengadakan pelatihan konseling menyusui dan penyegaran konselor ASI, pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA), telekonseling menyusui, penyiapan indikator data rutin ASI dan MPASI, serta dukungan PMBA melalui Gizi Bencana.

Melalui sejumlah langkah tersebut, ia berharap di masa depan akan tercipta Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas untuk dapat memanfaatkan bonus demografi di 2030, dalam menuju Indonesia Emas 2045.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement