Senin 15 Jan 2024 16:15 WIB

Selain 'Gwenchana', Kata-Kata dalam Bahasa Korea Ini Populer di Antara Penggemar K-Drama

Bahasa Korea populer kerap digunakan dalam percakapan warganet di media sosial.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Serial drama Korea terbaru bergenre drama sejarah dan thriller, Gyeongseong Creature. Berkat drakor, bahasa sehari-hari Korea menjadi akrab di telinga.
Foto:

Oppa

Anda mungkin pernah mendengar kata ini jika Anda pernah menonton drama atau mendengarkan K-Pop. "Oppa" (오빠) artinya kakak laki-laki dan hanya bisa digunakan oleh wanita yang lebih muda.

Dilansir hilokal, seorang wanita mungkin memanggil kakak laki-lakinya atau teman laki-lakinya yang lebih tua "oppa" (오빠). Secara harfiah, "oppa" diterjemahkan menjadi "kakak laki-laki" dan digunakan dalam hubungan dekat.

Anda tidak akan memanggil seseorang "oppa" kecuali Anda dekat dengan orang tersebut dan biasanya telah diberi tahu sebelumnya untuk memanggil mereka "oppa". Oppa juga biasa digunakan dalam hubungan romantis.

Saranghaeyo

Dilansir 90 Day Korean, "saranghaeyo" (사랑해요) adalah bentuk standar untuk mengatakan "Aku mencintaimu" dalam bahasa Korea. Bentuk kamus dari kata kerja "mencintai” adalah saranghada (사랑하다).

Kata kerja "hada" memiliki konjugasi yang teratur, sehingga mudah digunakan dalam berbagai situasi. Dalam "present tense" menjadi saranghaeyo (사랑해요).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement