Senin 15 Jan 2024 16:15 WIB

Selain 'Gwenchana', Kata-Kata dalam Bahasa Korea Ini Populer di Antara Penggemar K-Drama

Bahasa Korea populer kerap digunakan dalam percakapan warganet di media sosial.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Serial drama Korea terbaru bergenre drama sejarah dan thriller, Gyeongseong Creature. Berkat drakor, bahasa sehari-hari Korea menjadi akrab di telinga.
Foto: Netflix
Serial drama Korea terbaru bergenre drama sejarah dan thriller, Gyeongseong Creature. Berkat drakor, bahasa sehari-hari Korea menjadi akrab di telinga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada Ahad (14/1/2024), komika Pandji Pragiwaksono menanyakan satu kata yang tampaknya berasal dari bahasa Korea. Dia mengunggahnya di media sosial X (sebelumnya Twitter) melalui akun @pandji.

"Sebenarnya Kinchana ini artinya apa sih?" tulis Pandji di X, dikutip pada Senin (15/1/2024).

Baca Juga

Pertanyaan ini mendapat jawaban dari warganet. Ada beberapa warganet yang mengira "kinchana" yang Pandji maksud adalah kuah untuk serabi (kinca). Namun, ada warganet @xxnicxun yang menulis "kinchana" yang Pandji maksud adalah "gwenchana".

Dalam bahasa Korea, "gwenchana" artinya adalah tidak apa-apa. "Gwenchana" juga bisa berarti "saya baik-baik saja".

"Yg bener gwenchana (괜찮아) artinya gakpapa/it’s ok/it’s alright. Kadang kalo ngomongnya cepet jadi terdengar kaya kinchana. Aku gakpapa kok = aku gwenchana," tulis pemilik akun @xxnicxun.

Menyusul banjir tayangan drama Korea (drakor) alias K-drama, masyarakat kian akrab dengan bahasa Korea Selatan. Selain "gwenchana", "mianhae", "annyeonghaseyo", "daebak", "oppa", dan "saranghaeyo" juga kerap dipakai warganet dalam percakapan di media sosial.

Mianhae

Mianhae adalah cara informal untuk mengatakan 잘못했습니 (jalmothaetseumnida). Dilansir Korean Class 101, Senin (15/1/2024), 미안해 (mianhae) dan 미안 (mian) dapat digunakan secara bergantian.

Perlu diingat bahwa "mianhae" terdengar lebih sopan dan memberikan kesan bahwa pembicara peduli terhadap perasaan pendengar. Di sisi lain, "mian" lebih terdengar seperti seorang anak kecil yang meminta maaf.

Annyeonghaseyo

Dalam suasana formal atau saat menyapa orang yang berstatus lebih tinggi, penting untuk menggunakan bahasa dan sebutan kehormatan yang sesuai. Dilansir iTranslate, ungkapan umum "annyeonghaseyo" (안녕하세요) adalah cara yang paling dasar dan terhormat untuk menyapa dalam bahasa Korea formal.

Ungkapan ini diucapkan sebagai "ahn-nyeong-hah-se-yo". Frasa ini memberikan nada sopan dan bermartabat pada sapaan Anda.

Daebak

"Daebak" (대박) adalah salah satu kata slang Korea yang paling umum digunakan oleh penduduk asli. Dilansir Tandem, daebak menggambarkan segala sesuatu yang luar biasa, keren, atau menakjubkan, mulai dari makanan dan musik hingga suasana hati Anda atau sepasang sepatu baru. Ini juga dapat digunakan sebagai pengganti padanan bahasa Inggrisnya, "jackpot!".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement