Sabtu 15 Feb 2025 19:15 WIB

KACA 2025: Ajang Apresiasi Kolaborasi Brand Lokal dan Korean Wave

Beberapa brand lokal menggandeng artis Korea sebagai ambassador.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Qommarria Rostanti
The 2nd K-Playlist Annual Community Award (KACA) 2025 digelar pada Jumat, 14 Februari 2025.
Foto: Dok. Republika/Fergi Nadira B
The 2nd K-Playlist Annual Community Award (KACA) 2025 digelar pada Jumat, 14 Februari 2025.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa tahun terakhir, minat masyarakat Indonesia terhadap budaya Korea, terutama K-pop dan K-drama, terus meningkat. Fenomena ini mendorong banyak brand lokal untuk menggandeng aktor dan idol K-pop sebagai brand ambassador.

The 2nd K-Playlist Annual Community Award (KACA) 2025 hadir sebagai ajang apresiasi kolaborasi terbaik antara brand Indonesia dan artis Korea, sekaligus memperluas pasar brand lokal hingga ke kancah global. The 2nd K-Playlist Annual Community Award (KACA) 2025 menjadi dianggap sebagai kolaborasi terbaik antara brand Indonesia dan artis Korea. Pasar brand lokal semakin meluas hingga ke global.

Baca Juga

Co-Founder K-Playlist, Jennifer Heryanto mengatakan, penghargaan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk lokal. Seluruh pemenang tahun ini merupakan brand asli Indonesia. Di sisi lain, penghargaan ini juga untuk mempererat komunitas Korea yang ada di seluruh Indonesia.

“Ini menunjukkan brand lokal kita mampu bersaing di kancah internasional. Semoga kolaborasi ini membuka jalan bagi brand Indonesia untuk memperluas distribusi dan penjualan global,” ujar Jennifer dalam pembukaan KACA pada Jumat (14/2/2025).

Ajang KACA 2025 menghadirkan Piala Bonsang untuk Brand Collaboration of the Year dan Piala Daesang untuk tiga kategori yakni Best Brand Collaboration (Brand Ambassador), Best Brand Collaboration (IP Licensing), dan Best Fandom Engagement.

Lima brand teratas tahun ini berdasarkan voting 22-30 Januari 2025 adalah BNI TapCash x BLACKPINK THE GAME, Femmy Fiber x Dita Karang (SECRET NUMBER), Chocolatos x TinyTAN (BTS), Indomie x NewJeans, dan Indomilk x SEVENTEEN (S.COUPS, WONWOO, VERNON). Indomilk meraih Best Brand Collaboration (Brand Ambassador) atas kolaborasinya dengan SEVENTEEN. Davin Wiraatmadja, Brand Manager Indomilk, mengapresiasi KACA tahun ini yang semakin mempererat komunitas K-pop, Kdrama dan lain sebagainya.

“Penghargaan ini kami persembahkan untuk CARAT, komunitas yang selalu kami jaga hubungannya,” ujarn Davin.

Sementara itu, Chocolatos memenangkan Best Brand Collaboration (IP Licensing) lewat kolaborasi dengan TinyTAN (BTS). Marketing Manager Chocolatos, Novyta Dian berterima kasih kepada ARMY atas dukungan luar biasa mereka.

Penghargaan Best Fandom Engagement jatuh kepada Nabati Richoco atas event meet & greet dengan aespa. Bagus Ahimsa, Digital Ecosystem Manager Nabati, mengapresiasi loyalitas MY (fans aespa).

Voting terbuka 31 Januari-10 Februari 2025 turut menentukan pemenang, termasuk BNI yang berkolaborasi dengan BLACKPINK THE GAME untuk memberikan TapCash edisi khusus BLINK. Femmy Fiber juga berterima kasih kepada LOCKEY (fans SECRET NUMBER) atas dukungan mereka.

Indomie, yang baru pertama kali berkolaborasi dengan idol K-Pop, turut mengungkapkan rasa terima kasih kepada fans NewJeans. Arie Pratiwi, Brand Manager Indomie, menyatakan antusiasme untuk terus melanjutkan kampanye bersama NewJeans.

KACA 2025 yang mengusung tema “Love Makes You Happy Party” digelar bertepatan dengan Hari Valentine, menghadirkan Indonesia Boy Group NEVEL dan solois Bertrand Tio, serta meriah dengan Korean Fan Community Gathering & Norae Party. K-Playlist sebagai penyelenggara memiliki lini layanan meliputi manajemen Brand Ambassador K-Pop, lisensi produk K-pop, dan manajemen komunitas fans K-Pop di Indonesia dengan lebih dari 20 fanbase aktif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement